SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Susah tidur atau insomnia bisa dibilang merupakan “penyakit” yang marak dialami oleh sejumlah manusia modern beraktivitas padat. Tak jarang, sejumlah orang masih sibuk dengan kegiatan membaca surel, browsing internet, atau menonton televisi.

Nah, mungkin anda tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil menjelang waktu tidur ini berpengaruh pada kualitas tidur dan membuat anda susah terlelap di malam hari.

Menurut seorang asisten profesor neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, Kelly Glazer Baron, cahaya penerangan dalam kamar turut memengaruhi waktu dan kualitas tidur anda. “Lampu bisa menghambat waktu alamiah tubuh untuk tertidur,” terang Baron.

Namun, ini tergantung dari warna penerangan, kata Baron, tubuh manusia paling sensitif dengan warna biru yang mengindikasikan sumber penerangan kuat, seperti pada layar komputer, ponsel, dan warna lampu energi yang efisien.

Selanjutnya, agar tidur anda lebih mudah dan berkualitas, Baron menganjurkan untuk mematikan lampu dan televisi, setidaknya satu jam sebelum waktu tidur Anda. Cara ini mujarab dalam “memanipulasi” tubuh untuk beristirahat dan mempercepat datangnya kantuk – SOLIDGOLD

(http://female.kompas.com/)