SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Selama bertahun- tahun, usaha mencari Passion itu selalu nampak sinonim dengan kata resign. Banyak orang yang panik dan mencari alasan bagaimana mereka tidak bisa resign dari pekerjaannya. Berikut ini tips pada bagaimana anda sesungguhnya bisa menemukan Passion dan tidak harus resign.

Dalam Misi dan Nilai Perusahaan

Asep adalah seorang pria berkeluarga. Saat memilih sebuah iklan pekerjaan, dia memilih dengan menutup mata, jari teracung ke kolom lowongan kerja di koran. Yang penting ikhlas mau menerima seorang asep sebagai karyawan. Tapi dengan tanpa disengaja, perusahaan tempat dia bekerja, memiliki nilai kekeluargaan, dan menetapkan standar kualitas tinggi untuk keamanan keluarga. Passion adalah tentang memaknai hidup. Apakah perusahaan anda bekerja punya nilai – nilai yang sesuai dengan Passion atau nilai dan makna hidup anda?

Dalam Target Perusahaan

Rosa adalah Account Executive, diberikan target yang besar oleh perusahaannya, dia langsung takut dan gerogi. Menurutnya mengejar target adalah beban berat, dan Rosa langsung merasakan impact yang hampir membuat dia bilang ke bosnya, “Jangan pake target dong bor, kita kan fren”.

Tapi setelah menjalankan tugasnya, melewati target yang mengharuskannya terus bertemu klien baru dan leader – leader baru, akhirnya dia menemukan sesuatu yang disukainya. Dia suka sekali bertemu orang baru, berbincang dengan orang baru dan nongkrong bareng rekan bisnis ternyata menyenangkan. Rupanya Passion dia adalah sosialisasi.

Dirotasi dan Variasi Aktivitas

Rolling lokasi dan perubahan tugas acap kali membuat karyawan seperti Adit kehilangan motivasi. Rasanya baru juga merasa betah dan nyaman dengan tugasnya dan tanggung jawab, mendadak dipindahkan ke bagian lain. Tapi tiba – tiba, 2 rotasi terakhir yang menempatkannya dibagian HRD, entah kenapa membuatnya bersemangat. ternyata dia menyukai kegiatan belajar, berbagi, dan membuat materi. Dia menikmati proses training, dan merancang ilmu SDM baru.

Di Rekan Kerja dan Kerjasama Tim

Saat Shandi sendirian di kantor, dia nggak pernah bisa tahu apa yang dia suka, dan apa yang bisa membuatnya bersemangat dalam bekerja. Dia selalu bekerja setengah hati dan separuh ogah – ogahan. Tapi tiap kali meluangkan waktu untuk bersama dengan teman- temannya, dia jadi bersemangat. Kegiatan seperti team building, beraktifitas bersama, dan kerja sama tim bisa membantu menemukan Passionnya.

Di Tantangan dan Curhatan

Yanto selalu menghadapi sebuah tantangan dalam bekerja, dengan tempat kerjanya yang berjauhan dengan rekannya, membuat dia sulit bekerja sama dengan mereka. Temannya juga menghadapi masalah yang sama, dan sering saling curhat soal sulitnya kerjasama dan menyatukan dokumen pekerjaan saat mereka bekerja di tempat yang berjauhan. Karena penasaran dia melakukan pencarian lewat browser untuk menemukan solusi masalahnya. Menemukan tutorial coding dan mencoba membuat aplikasi sederhana dengan belajar secara online dan mengajukan pada bosnya hingga menemukan Passionnya dalam IT.

Passion dapat ditemukan di mana saja, termasuk di dalam tempat kerja anda saat ini. Passion tidak selalu harus resign. Passion itu masalah kemauan dari dalam untuk menemukan, dan melakukan apapun yang ada di tangan kita dengan HATI – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber : bisniskeuangan.kompas.com