SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Pagi-pagi saat bangun tidur, suara anda pasti akan berbeda dengan saat lainnya. Suara terdengar lebih berat dan parau dari biasanya. Bagi beberapa orang, suara bangun tidur dibilang seksi.

“Ada banyak alasan suara di bangun tidur berbeda dengan suara saat lainnya. Umumnya hal ini terjadi karena pita suara belum ‘pemanasan’,” terang direktur laring di The New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, Michael Pitman, M.D.

Diterangkan lebih lanjut oleh Pitman, ketika bangun tidur seluruh tubuh masih kaku karena tidak bergerak selama beberapa jam. Hal ini pun terjadi pada pita suara. Agar suara kembali normal, pemanasan diperlukan dengan berbicara, menyanyi, makan, minum.

“Seperti seorang pelari, sebelum melakukan olahraga ini melakukan peregangan dan berjalan lambat sebelum berlari kencang. Hal yang sama juga terjadi pada pita suara Anda,” ujar Pitman.

Namun, suara bangun tidur akan jadi lebih parau jika malam sebelumnya menonton konser dan bernyanyi, minum banyak alkohol dan kurang minum air putih. Seorang perokok suaranya cenderung lebih parau.

Jika mendapati suara parau berbeda dari biasanya usai bangun tidur selama dua-tiga minggu, anda perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis THT. Biasa jadi, ada masalah kesehatan lain yang berdampak pada pita suara anda – SOLIDGOLD

(http://health.liputan6.com/)