SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Masih muda, lumayan jangkung dan murah senyum. Bukan Itu saja, meski terbata-bata, bahasa Jawanya sangat medok. Itulah Katrina Reid (21), gadis Australia yang kini bekerja pada Australia-Indonesia Centre di Melbourne.

Meskipun pernah belajar Bahasa Jepang dan Swedia hingga tingkat menengah atas, cintanya justru berlabuh ke Indonsia. Ia meyakini bahwa Bahasa Indonesia akan menjamin masa depannya. Tidak heran kalau kemudian ijazah sarjananya digondol dari jurusan Bahasa Indonesia dan Perdagangan, Universitas Nasional Australia (ANU).

Ia mengambil jurusan Bahasa Jawa. Bahkan, biar tambah beda, ia minta minta teman-temannya memanggilnya dengan nama Jawa: Mbak Nur.

“Kulo saged boso Jowo Mas,” kata Katrina, eh Mbak Nur, kepada detikcom, Kamis (26/11/2015). Arti kalimat tersebut adalah ‘Saya bisa berbahasa Jawa, Mas’.

Suara Mbak Nur terasa jelas. Hanya ada gangguan pada aksen Australianya saja.

Untuk menyelesaikan kuliah, Mbak Nur sempat membuat sandiwara berbahasa Jawa lalu diupload di sosial media YouTube.

“Viewer saya di YouTube mencapai 400 ribu dalam sekejap. Bahkan dalam sehari Facebook saya menerima 110 friend request. Belajar tentang Indonesia menjadikan saya terkenal,” ujar Mbak Nur sambil tertawa riang – SOLIDGOLD BERJANGKA

Berita Selanjutnya