Solid Gold – Nikkei Masih Mengungguli Yen

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Saham Nikkei Jepang menyentuh harga tertingginya dalam tujuh minggu terkahir pada Kamis pagi, kenaikan Saham Nikkei Jepang yang di dukung oleh keuntungan di Wall Street dan masih melemahnya nilai Yen, dan harapan baru terhadap langkah-langkah stimulus besar-besaran dari pemerintah untuk mengangkat minat terhadap aset yang beresiko.

Nikkei naik sebesar 1,4 persen berada di level 16,908.25 pada pertengahan sesi perdagangan pagi, setelah mencapai harga tertingginya di level 16,938.96 sejak awal Juni.

Beberapa media seperti Mainichi Shimbun dan Kyodo News Agency telah melaporkan bahwa pemerintah Jepang telah siap untuk mengkomplikasi paket stimulus minimal sebesar 20 triliun Yen untuk memperbaiki perekonomian Jepang keluar dari deflasi dan menangkis pengaruh negatif yang mungkin timubul dari Brexit karena Inggris telah menyatakan keluar dari Uni Eropa.

The S & P 500 dan Dow Jones dari sektor perindustrian berhasil menceyak rekor terbarunya, sehingga memicu pembelian ketika pemulihan pada harga minyak mentah yang juga membantu seham pertambangan.

Sektor pertambangan adalah pemain terbaik di atas kapal, dan berhasil melonjak sebesar 3,8 persen. Saham Inpex Corp melonjak sebesar 4,0 persen dan Japan Petroleum Exploration melonjak sebesar 4,3 persen.

Eksportir juga telah menggelar unjuk rasa karena dolar telah berhasil menyentuh harga tertingginya dalam enam minggu terakhir terhadap safe-haven Yen. Toyota Motor Corp meningkat sebesar 1,6 persen, dan Honda Motor Co meningkat sebesar 4,3 persen – PT SOLID GOLD BERJANGKA

(Alf / B.U.G.S)