SOLID GOLD BERJANGKA – Saham Nikkei rata-rata Jepang tetap berada di jalurnya untuk kenaikan mingguan namun sedikit terkoreksi pada hari Jumat, karena para investor telah mengambil keuntungan dari Bank Of Japan yang telah meningkatkan Yen pada berkurangnya ekspektasi kebijakan moneter radikal yang mereda.

Indeks sahan Nikkei turun sebesar 0,9 persen berada di level 16,660.01, Nikkei menarik diri dari tujuh minggu tertinggi hariannya dari sesi sebelumnya pada hari Jumat, tetapi Nikkei masih siap untuk mendapatkan 1 persen kenaikan untuk minggu ini.

Pada minggu sebelumnya, Nikkei telah meningkat sebesar 9,2 persen membukukan kenaikan mingguan terbesarnya sejak bulan Desember 2009, dan di bantu olrh rekor tertinggi barunya di Wall Street dan dengan harapan bahwa Bank Of Japan mungkin akan bersiap-siap untuk mengambil tindakan meringankan secara drastis terhadap pertemuan kebijakan pada tanggal 28 dan 29 Juli 2016.

Gubernur Bank Of Japan”Haruhiko Kuroda” menyatakan dalam sebuah wawancara terhadap wartawan BBC Radio bintang 4, bahwa ia akan membatalkan harapan Jepang yang mungkin sedang bersiap-siap untuk mengambil radikal “helikopter uang” untuk langkah-langkah stimulus ekonomi, dimana bank sentral akan membiayai seluruh anggaran pemerintah untuk memrangi deflasi.

Para investor sekarang juga menunggu berita tentang paket kompilasi pengeluaran besar-besaran dari pemerintah Jepang, yang di sinyalir bernilai sekitar $ 190 milyar. Jumlah itu jauh lebih besar dua kali lipat dari perkiraan awalnya, meskipun belanja publik yang sebenarnya akan jauh lebih sedikit dari jumlah informasi utama. – SOLID GOLD BERJANGKA