Untung Rugi Olahraga Outdoor Saat Sedang Turun Hujan

SOLID GOLD JAKARTA – Olahraga outdoor selalu punya kelebihan dibandingkan olahraga indoor. Sayangnya di musim hujan seperti sekarang ini, risiko masuk angin jadi pertimbangan tersendiri untuk memilih olahraga outdoor.

Secara umum, olahraga di luar ruangan punya sejumlah kelebihan. Selain ada kesempatan menghirup udara segar, olahraga di luar ruangan juga memberikan paparan sinar matahari yang baik untuk kesehatan tulang.

Tubuh memerlukan sinar matahari untuk membentuk vitamin D. Pemandangan yang lebih beragam juga bisa mengusir rasa bosan, tidak seperti olahraga indoor yang pemandangannya itu – itu saja.

Olahraga yang tidak membosankan akan membuat seseorang lebih konsisten menjaga aktivitas fisiknya. Namun di musim hujan seperti sekarang ini, olahraga di luar ruangan harus juga mempertimbangkan banyak hal.

Terlebih jika mendadak turun hujan saat sedang olahraga. Sebaiknya tetap lanjut atau disudahi? Berikut ini untung ruginya :

1. Dingin

Olahraga untuk kesehatan berbeda dengan olahraga untuk kompetisi. Untuk kesehatan, kenyamanan harus menjadi yang utama.

Jika suhu dingin membuat badan terasa tidak nyaman, maka sebaiknya tidak perlu memaksakan diri olahraga di luar ruangan saat turun hujan. Terlebih jika punya alergi dingin, atau mudah masuk angin saat kedinginan.

2. Basah

Tanpa ada hujan pun, tubuh tetap akan basah oleh keringat saat olahraga. Salah satu keluhan yang muncul saat berolahraga dengan kondisi terlalu basah adalah lecet – lecet di kulit akibat bergesekan dengan pakaian.

Dengan ditambah turunnya hujan, risiko lecet akan lebih besar. Kalaupun tetap ingin olahraga, pastikan pakaian yang dikenakan sesuai dengan kebutuhan. Pakaian dengan bahan dry fit misalnya, lebih nyaman untuk basah – basahan dibandingkan bahan katun.

3. Licin

Basah oleh air hujan membuat permukaan jalan atau lapangan menjadi lebih licin. Risiko jatuh maupun cedera akibat terpeleset wajib diperhitungkan.

Hindari jenis olahraga tertentu, atau minimal kurangi gerakan – gerakan yang berisiko membuat terpeleset. Untuk menghindari risiko terpeleset saat hujan, tidak ada salahnya mempertimbangkan olahraga renang.

4. Tapi membakar lebih banyak kalori

Sebuah penelitian di Jepang mengungkap salah satu kelebihan olahraga dalam cuaca dingin, seperti saat turun hujan.

Penelitian eksperimental yang dipublikasikan di jurnal International Journal of Sports Medicine ini dilakukan dalam chamber untuk mensimulasikan berbagai kondisi cuaca.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga dalam cuaca dingin membuat konsumsi oksigen dan plasma laktat meningkat.

Ini mengindikasikan adanya peningkatan kebutuhan energi, yang juga berarti ada peningkatan pembakaran kalori dari gula maupun lemak – SOLID GOLD

Sumber : health.detik