SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Ondel-Ondel sejatinya kesenian budaya Betawi. Tetapi, di rumahnya sendiri Ondel-Ondel Meringis mencari rezeki. Ondel-ondel sejak dulu eksis di setiap pesta rakyat dan hajatan warga Betawi. Bahkan, bisa dibilang boneka setinggi 2,5 meter merupakan ikon Jakarta.

Bukan pemandangan biasa lagi ketika Ondel-Ondel berkeliaran di jalan ibukota. Bukan karena ada pawai atau karnaval, melainkan sekedar mengidamkan gemericik uang logam dalam ember yang dibawanya.

Ondel-Ondel seakan tidak lagi menjadi ‘tuan’ di rumahnya sendiri membuat komedian Didin Pinasti atau Didin Bagito miris. Adik kandung dari pelawak senior Miing ini menganggap ondel-ondel seharusnya tidak mengamen di jalan-jalan raya ibukota.

“Saya miris sekali melihat ondel-ondel ngamen, kebetulan masih sering lewat di komplek rumah. Itu artinya tidak ada ruang lagi untuk berekspresi, tetapi mereka tidak ada jalan lagi,” ujarnya pada konferensi pers Festival Lenong Keliling di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Sabtu 29 November 2014.

Pelawak yang aktif dalam yayasan Komedi Betawi (Kombet) mengungkapkan dalam hal ini tidak bisa terlalu berharap banyak dari pemerintah. Menurutnya, seharusnya ada lebih banyak tempat-tempat seniman khususnya ondel-ondel berekspresi. “Dalam hal ini kita memang tidak bisa mengharapkan dari pemerintah. Tetapi, harus ada festival rutin di sanggar-sanggar kesenian,” tuturnya – solid-goldberjangka.com

(okezone.com)