solid-goldberjangka.com – Harga emas global mencoba untuk naik , namun terbatas karena penguatan dolar dan menguatnya pasa saham Amerika Serikat. Spot emas naik 0,4 persen menjadi USD1.154,46 per ounce. Sebelumnya emas sempat turun hingga 2,2 persen.

Emas sempat rally pada penutupan Jumat karena pelemahan pada dolar setelah data tenaga kerja di AS diluar perkiraan. Namun dolar kembali pulih dan menambah tekanan kembali pada emas.

SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa mencatat kepemilikan sahamnya jatuh 0,25 persen menjadi725,36 ton pada hari. Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange melemah pada penutupan dipicu dolar dan bursa saham AS menguat.

Harga kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun USD10 atau 0,85 persen menjadi USD1.159,8 per troy ounce. Untuk perak pengiriman Desember melemah 4 sen atau 0,39 persen menjadi USD15,67 per troy ounce. Sejumlah analis menilai, harga emas dapat kembali jatuh di bawah USD 1.000 per troy ounce.

(okezone.com)