SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Apakah anda sering bingung untuk mencari kunci. Atautiba-tiba tidak ingat nama guru anak anda. Anda membuat janji dengan dokter mata, tetapi baru ingat seminggu kemudian. Gak usah takut, kasus seperti itu bukanlah sesuatu yang serius. Kurangnya tidur, obat-obatan tertentu, dan stres dapat berdampak pada ingatan anda.

Berikut adalah hal-hal yang mempengaruhi ingatan anda, dengan cara yang positif juga dengan cara negatif :

Disfungsional tiroid

Ketika tiroid anda rusak, anda mungkin akan merasa terlalu panas, terlalu dingin, cemas, depresi dan daya ingat menurun. Tiroid adalah sebuah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang ada di sepanjang bagian depan tenggorokan, tiroid mengatur hampir semua proses metabolisme tubuh anda.

Hot flashes

Hot flash adalah perasaan hangat yang terasa di wajah, leher dan dada. Seringkali diikuti dengan kulit di area-area itu memerah. Saat gejala hot flash datang, mungkin anda juga akan merasa seperti ada kabut bergulir ke otak anda. Untungnya, hot flashes tidak merusak otak dengan cara apapun. Memori akan meningkatkan setelah hot flashes mereda.

Kurang tidur

Kurang tidur akan membuat anda kesulitan mengingat nama rekan kerja baru anda. “Individu yang kurang tidur atau mengalami gangguan tidur tidak hanya akan menderita gangguan memori, tetapi juga akan merasa kelelahan di siang hari, sulit fokus, dan kecepatan reaksi juga berkurang.

Kecemasan dan depresi

Rasa cemas dapat menganggu memori anda, bukti kuat menunjukkan depresi, kecemasan, dan penyakit bipolar mengganggu sirkuit saraf yang terlibat dalam kerja otak dalam mengingat sesuatu. Tingkat keparahan gangguan memori sering mencerminkan keparahan gangguan mood yang diderita pasien. Semakin berat gangguan, semakin parah juga kemampuan mengingat yang kita alami.

Merokok

Merokok merusak otak dengan cara merusak suplai darah. Penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of General Psychiatry dikumpulkan dari data yang diperoleh dari lebih dari 7.000 pria dan wanita menemukan, penurunan fungsi otak terjadi lebih cepat pada para perokok dibanding dengan orang-orang yang tidak pernah merokok – SOLIDGOLD BERJANGKA

health.kompas.com