solid-goldberjangka.com – Para peneliti di Queensland (Australia) mengatakan bahwa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dalam jumlah besar akan membuat anda lebih bahagia.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Queensland mengatakan bahwa mengkonsumsi delapan porsi buah dan sayuran sehari tidak saja meningkatkan kesehatan fisik namun juga meningkatkan kesejahteraan jiwa.

Peneliti ekonomi kesehatan Dr Redzo Mujcic  dari Jurusan Farmasi UQ  mengatakan mereka menyimpulkan hal tersebut berdasarkan penelitian terhadap lebih dari 12 ribu warga dewasa Australia.

Dr Mujcic mengatakan petunjuk yang ada di Australia saat ini mengenai konsumsi buah dan sayuran sebenarnya tidak didasarkan pada data peneltian dan kebanyakan hanya mengatakan manfaatnya bagi kesehatan fisik dan tingkat harapan hidup.

Penelitiannya memfokuskan diri pada pilihan orang akan buah dan sayuran, dan kemudian membandingkan dengan tingkat kepuasan, stress dan faktor mental lainnya.

“Semakin banyak anda makan buah dan sayur, semakin bahagia kita, dan juga beberapa hal lain. Mengkonsumsi lima porsi buah dan lima porsi sayur sehari akan membuat kita paling bahagia.”

“Semua penelitian ini didasarkan dari survei tahunan yang dilakukan tiap tahun di Australia, yang dimulai di tahun 2000, yang mencakup sekitar 12 ribu orang.”

Dr Mujcic mengatakan bahwa dampak ini paling kuat terjadi pada wanita, namun dia tidak bisa memberikan alasannya.

Menurut penelitiannya, Mujcic mengatakan tingkat kebahagiaan seseorang mencapai maksimalnya setelah mereka mengkonsumsi lima porsi buah dan lima porsi sayur dalam sehari, setelah itu tidak terjadi peningkatan lagi.

(tribunnews.com)