solid-goldberjangka.com – Cerita seri manga Naruto berakhir setelah 15 tahun menghibur para pembacanya. Kisah bocah dari Desa Konoha tersebut diselesaikan oleh Masashi Kishimoto dalam 700 chapter di majalah komik mingguan Shonen Jump, terbitan Sueisha.

Sebagai salah seorang pembuat manga terpopuler di Jepang, Kishimoto mendapat ucapan terima kasih dari banyak penggemar Naruto. Namun tak hanya para penggemar dari Jepang yang mengucapkan terima kasih. Meski versi asli Shonen Jump tidak dijual secara bebas di luar Jepang, para penggemar Naruto di seluruh dunia sudah mengetahui adanya chapter terakhir tersebut melalui internet. Linimasa pun banjir dengan berbagai ucapan selamat untuk Kishimoto.

Mulai terbit September 1999, Naruto selesai dalam 71 volume komik. Saat ini yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Elex Media Komputindo mencapai 66 volume komik. Sementara itu, adaptasi animenya baru mencapai episode 385 dan akan berlanjut mengikuti kisah manganya.

Naruto merupakan kisah petualangan seorang ninja cilik, Naruto Uzumaki, yang bercita-cita menjadi seorang Hokage, yakni pemimpin tertinggi Desa Konoha. Perjalanan bocah tersebut tidak mudah karena tubuhnya dimasuki siluman rubah berekor sembilan yang membuatnya selalu dianggap monster.

Banyak pembaca cerita seri manga yang menggemari kisah itu karena tokoh tersebut memiliki karakter kuat. Kisah yang berputar di Desa Konoha dan tidak melulu soal Naruto juga menjadi nilai tambah untuk cerita seri manga itu.

Semua manga yang ada dalam majalah komik mingguan Shounen Jump memang identik dengan pertarungan. Meski demikian, Naruto tidak hanya berisi pertarungan. Banyak kisah cinta, persahabatan, serta harapan yang juga bisa dinikmati oleh para pembacanya. Bahkan, tak jarang tokoh-tokohnya mengeluarkan kalimat-kalimat yang bisa menjadi motivasi positif bagi para pembacanya.

Terima kasih Masashi Kishimoto sudah 10 tahun komik naruto menemani perjalanin hidup saya, terima kasih, terima kasih…

(tribunnews.com)