SOLID-GOLDBERJANGKA.COM – Kebutuhan keuangan selalu meningkat menjelang liburan Lebaran. Kadang, kebutuhan ini tidak bisa dicukupi oleh THR alias tunjangan hari raya. Sehingga, orang­-orang pun terdorong mencari dana pinjaman.

Pegadaian dan lembaga keuangan yang menyalurkan kredit tanpa agunan (KTA) pun menjadi sumber dana pinjaman yang populer di momen Lebaran.

Tentunya, setiap sumber dana pinjaman ini mempunyai kelebihan masing­-masing. Lalu, bagaimana memilih sumber dana pinjaman yang tepat? Ayo baca masukan singkat berikut ini:

Pegadaian

– Pegadaian sumber dana yang tepat untuk pinjaman jangka pendek, karena Anda biasanya akan diberikan lama pinjaman hingga 120 hari. Singkatnya, lama pinjaman akan memotivasi Anda untuk cepat­-cepat melunasi utang Anda, yang berarti Anda tidak akan terjerat utang untuk waktu yang lama. Asalkan, jangan menutup utang dengan utang.

– Karena pinjaman bersifat jangka pendek, Anda pun tidak akan terbebani pembayaran bunga untuk waktu yang lama. Namun, semakin lama Anda melunasi pinjaman, semakin besar beban bunga yang Anda harus bayarkan.

– Dana pinjaman dari pegadaian lebih bervariasi. Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dari sekitar Rp50.000 hingga sekitar Rp200.000.000. Jadi, jika Anda hanya butuh sedikit uang tambahan, pegadaian bisa menjadi solusi yang cocok bagi Anda.

– Proses mendapatkan dana pinjaman dari pegadaian relatif lebih mudah, karena Anda tinggal membawa benda yang Anda jaminkan, seperti emas. Dana pinjaman pun akan cair hari itu juga.

Kredit tanpa agunan (KTA)

– KTA cocok untuk pinjaman jangka panjang karena tenor, atau jangka waktu pinjaman bisa hingga lima tahun. Jadi, KTA cocok untuk pinjaman besar karena limit kredit yang mencapai Rp200.000.000.
Karena KTA bisa menjadi sumber pinjaman jangka panjang, KTA lebih cocok jika Anda sedang butuh dana untuk modal kerja atau pembelian alat investasi, seperti emas. KTA kurang cocok untuk pembelian barang konsumsi yang nilainya akan cepat turun. Anda tidak mau kan, berlama­-lama berutang kepada bank hanya karena membeli televisi dan kulkas baru.

– Jika Anda mengajukan diri untuk KTA, Anda tidak perlu memberi benda jaminan. Namun, Anda perlu menyerahkan dokumen seperti KTP, slip gaji, copy rekening koran dan copy kartu kredit. Penghasilan Anda akan menentukan limit kredit Anda, dan Anda pun harus berpenghasilan minimal sekitar Rp2.500.000 per bulan untuk mengajukan permohonan KTA.

– Bunga yang ditawarkan KTA tergantung kredit limit Anda. Jadi, bunga KTA bisa lumayan kompetitif dengan bunga pegadaian, yang juga tergantung dari kategori benda yang Anda gadaikan. Bedanya, Anda akan membayar bunga untuk jangka lebih panjang jika Anda mengambil KTA.

– Ada beberapa bank yang juga menawarkan asuransi jiwa, saat Anda mengambil KTA. Jika Anda kebetulan belum punya dan membutuhkan asuransi jiwa, paket ini bisa berguna bagi Anda.

Apapun yang Anda pilih sebagai sumber dana pinjaman, ingat bahwa cicilan pinjaman Anda tidak melebihi 30 persen dari pendapatan bulanan Anda. Jadi pastikan bahwa Anda mengambil pinjaman untuk pengeluaran yang penting, dan bukannya untuk memenuhi keinginan konsumtif Anda.

(viva.com)