Dongkrak ‘Poundsterling’ Dari Brexit

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – Dongkrak ‘Poundsterling’ Dari Brexit

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Pencarian Google untuk mata uang Inggris Poundsterling melonjak signifikan, menyusul derasnya pemberitaan mengenai referendum di negara tersebut.

Nilai Poundsterling Inggris merosot tak lama setelah media – media besar asal di Inggris menyimpulkan, negeri Ratu Elizabeth tersebut meninggalkan Uni Eropa.

Pemungutan suara telah selesai digelar di 380 wilayah yang ada di seluruh Inggris, Wales dan Skotlandia. Ditambah dua wilayah yang ada di Irlandia Utara dan juga Gibraltar yang terletak di pantai selatan Spanyol. Dengan demikian, total ada 382 area pemungutan suara, yang masing – masing mengumumkan hasilnya secara bertahap.

Isu Brexit (Britain Exit) memberi sentimen negatif pada nilai mata uang, terutama Poundsterling dan Euro. Poundsterling jatuh 9 % ke level USS 1,355. Jatuhnya lebih dari 15 sen, koreksi terdalam yang pernah dialami Poundsterling dalam 30 tahun terakhir.

Situasi politik ini pun mendorong netizen mencari tahu apa yang terjadi dengan Poundsterling dan mata uang negara masing – masing. Dikutip dari The Independent, Jumat (24-06-2016), buy gold atau beli emas menjadi pencaian terpopuler lainnya setelah Poundsterling. Google mencatat, pencarian buy gold naik 500 % sejak pemberitaan hasil sementara referendum merebak.

Sementara Euro, anjlok 2,8 % akibat sentimen Brexit (Britain Exit). Koreksi yang dialami dua mata uang ini bahkan lebih parah dari yang terjadi saat krisis finansial global 2007 – 2008 lalu. Waktu itu, Pound dan Euro paling banyak hanya bergerak 3 sen.

Sedikit kilas balik mengenai Inggris, negara kerajaan ini bergabung dengan Uni Eropa sejak 1973. Pada praktiknya, banyak yang merasakan Uni Eropa tidak bermanfaat banyak bagi Inggris. Sebaliknya, Uni Eropa dianggap membebani Inggris – SOLID GOLD BERJANGKA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*