Punya Tekanan Darah Tinggi dan Varises – PT Solid Berjangka

PT SOLID BERJANGKA JAKARTA – Hampir tiap orang pernah mengalami mati rasa di jari kaki atau jari tangan mereka. Tapi jika ini terjadi setiap hari, anda harus segera mencari bantuan.

Hal ini dikarenakan mati rasa dapat menjadi penanda sirkulasi darah yang buruk. Ujung – ujungnya, anda dapat memiliki masalah dengan ginjal, varises, dan penyakit lainnya.

Bila anda memiliki tekanan darah tinggi atau varises, mulailah melakukan 7 hal berikut ini dalam aktivitas sehari – hari anda :

1. Membiasakan meninggikan kaki

Menempatkan kaki lebih tinggi di atas jantung dapat meningkatkan sirkulasi darah anda sekaligus membawa tekanan dari pembuluh darah dan kaki. Ini juga membantu anda untuk lebih rileks.

Mengangkat kaki dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah anda. Baiknya, biasakan menggerakkan jari – jari kaki dan biarkan kaki letaknya lebih tinggi daripada jantung selama 20 menit di siang hari. Lakukan ini berulang kali, niscaya sirkulasi darah akan meningkat.

2. Menambahkan makanan kaya asam folat

Salah satu alasan paling penting untuk mengonsumsi makanan kaya asam folat adalah untuk pertumbuhan dan regenerasi sel. Asam folat terlibat dalam penciptaan sel darah merah dan mencegah anemia.

Tidak memiliki cukup asalm folat dapat memengaruhi proses pembekuan darah. Berikut makanan yang kaya akan asam folat : sayuran berdaun hijau gelap (bayam, selada, lobak hijau), brokoli dan alpukat, jeruk, pisang, pepaya, stroberi, kacang tanah, kacang polong, lentil, kacang almond, kenari, kembang kol, bit, jagung, dan wortel.

3. Mengenakan pakaian yang tepat

Dokter menyarankan agar tidak mengenakan pakaian ketat untuk jangka waktu yang lama. Celana yang terlalu ketat seperti skinny jeans dapat menghambat sirkulasi darah dan memudahkan perkembangan varises. Pakaian yang sedikit longgar akan memungkinkan darah beredar secara normal di seluruh tubuh anda.

4. Makan makanan pedas

Cabai rawit dan cabai merah dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Mereka membantu sistem kardiovaskuler anda berfungsi lebih baik dan menjaga tekanan darah tetap normal. Mereka juga menghangatkan tangan dan kaki anda.

5. Memilih anggur ketimbang bir

Uji coba klinis yang dilakukan pada tahun 2015 menegaskan bahwa minum anggur dapat memperbaiki kesehatan jantung anda.

Dibandingkan minuman beralkohol lainnya, anggur merah atau putih dapat memberi anda lebih banyak manfaat karena mengandung antioksidan dan senyawa kebaikan lainnya.

Tapi jangan terlalu berlebihan meminumnya. Sebaiknya tidak meminum anggur lebih dari satu gelas dalam dua hari.

6. Memiliki hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan, terutama anjing, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Memiliki ikatan khusus dengan hewan peliharaan terbukti dapat menurunkan detak jantung dan mengurangi stres.

Selain itu, memiliki anjing membuat anda lebih sering beraktivitas karena harus membawanya berjalan – jalan keluar. Ini tentunya baik bagi fungsi jantung dan pembuluh darah anda.

7. Dipijat

Pijatan yang benar dapat membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah. Hal ini dikarenakan pijatan dapat merangsang aliran darah ke jaringan lunak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pijat secara positif memengaruhi fungsi vaskular perifer anda. Gerakan tegas tapi lembut harus ditujukan ke jantung untuk meningkatkan aliran darah ke getah bening dan vena – PT SOLID BERJANGKA