PT SOLID GOLD | AKIBAT STIMULUS DARI AMERIKA

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS BERHASIL MENEMBUS LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900 AKIBAT STIMULUS DARI AMERIKA SERIKAT

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas akhirnya menembus $ 1.900/troy ons disesi perdagangan pada hari Senin (21/Desember). Tetapi tidak lama setelah mencapai level tersebut, harga emas langsung jeblok dan berbalik melemah seiring Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengumumkan temuan varian baru virus corona bernama VUI 202012/01 atau dalam klaster pohon filogenetiknya (pohon kekerabatan berdasarkan data genetik) disebut sebagai varian B.1.1.7. Varian baru virus Covid-19 tersebut dikabarkan memiliki 70% peluang penularan lebih tinggi ketimbang strain awalnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengidentifikasi virus ini di Denmark, Belanda, dan Australia.

Disisi lain, Pada Senin, Kongres bakal melakukan pemungutan suara seputar kesepakatan stimulus senilai US $ 900 miliar. Menurut juru bicara Gedung Putih Judd Deere, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah meneken draf
stimulus tersebut pada Minggu malam. Sentimen stimulus diabaikan oleh pemodal yang sedang diterpa kekhawatiran seputar temuan mutasi virus Corona di Inggris yang memicu karantina wilayah (lockdown) London dan beberapa bagian Tenggara Inggris, serta pelarangan aktivitas kumpul-kumpul untuk merayakan Natal.

“Yang jadi soal adalah jika vaksin akhirnya bisa mengubah protein di permukaan (virus) hingga tidak bisa dikenali oleh antibodi yang sudah kita miliki, dan kita harus meng-update vaksin kita,” ujar Scott Gotlieb, mantan komisioner Balai Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) Amerika Serikat. Menurut dia, protein dalam virus Covid kemungkinan tidak bermutasi secepat flu musiman, sehingga vaksin yang sekarang beredar masih bisa menciptakan antibodi virus tersebut, hanya saja bakal perlu diupdate setiap tiga tahun.

Pengetatan pembatasan sosial di berbagai negara tersebut membuat Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) yang menyandang status mata uang safe haven kembali diburu pelaku pasar. Hal ini membuat harga emas mengalami penurunan yang cukup tajam seperti pada bulan Maret lalu, ketika virus corona (Covid-19) ditetapkan
sebagai pandemi.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, lonjakan kasus virus corona (Covid-19) di berbagai belahan dunia hingga kembali diterapkan pengetatan pembatasan sosial membuat emas terpukul. Pengetatan pembatasan sosial di berbagai negara tersebut membuat dolar Amerika Serikat yang menyandang status mata uang safe haven kembali diburu pelaku pasar. Hal ini membuat emas ambrol, seperti pada bulan Maret lalu, ketika virus corona ditetapkan sebagai pandemi.

Sentimen stimulus diabaikan oleh pemodal yang sedang diterpa kekhawatiran seputar temuan mutasi virus Corona di Inggris yang memicu karantina wilayah (lockdown) London dan beberapa bagian Tenggara Inggris, serta pelarangan aktivitas kumpul-kumpul untuk merayakan Natal. Varian baru virus Covid-19 tersebut dikabarkan memiliki 70 % peluang penularan lebih tinggi ketimbang strain awalnya. Organisasi Kesehatan Dunia WHO) telah mengidentifikasi virus tersebut di Denmark, Belanda, dan Australia.

Pekan ini, emas diperkirakan masih naik oleh ekspektasi akan cairnya stimulus fiskal di Amerika Serikat dalam waktu dekat. Perundingan masih akan dilakukan untuk mendapat persetujuan kedua belah pihak. Data penting minggu ini adalah Final GDP AS kuartal ketiga.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Potensi berlanjutnya kenaikan emas terlihat dari hasil survei terbaru dari Kitco yang mayoritas memberikan pandangan bullish (tren naik) pekan depan. Survei yang dilakukan terhadap 14 analis di Wall Street menunjukkan 11 orang atau 79 % memberikan pandangan bullish, 2 orang atau 14 % memberikan pandangan netral, dan hanya 1 orang atau 7 % yang melihat emas bearish (tren menurun). Sementara itu, survei yang dilakukan terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street, dengan 1.048 responden menunjukkan 75 % memberikan pandangan bullish, 14 % bearish dan 11% netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1901/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1922/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1861/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1841/troy ons dan support 3 $ 1826/troy ons.
PT SOLID GOLD
Sumber : Vibiznews

About solid gold 2165 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*