PT SOLID GOLD | BERGERAK SIDEWAYS MENANTI HASIL

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS BERGERAK SIDEWAYS MENANTI HASIL RILIS DATA INFLASI AMERIKA SERIKAT

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas naik tipis dalam tren sideways. Diawal sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (13/September) naik hingga 0.33 % atau mencapai level $ 1798.40/troy ons. Harga emas bergerak sideways seiring Pasar tengah menantikan data inflasi Amerika Serikat yang akan dirilis pekan ini. Data tersebut diantisipasi pasar karena akan menjadi pertimbangan The Fed dalam memutuskan kebijakan moneter pekan depan.

Data inflasi konsumen (CPI) bulanan Amerika Serikat akan dirilis pada hari ini, Selasa (14/September). Disusul oleh data Retail Sales dan inflasi Produsen. The Fed yang lebih fokus pada sektor ketenagakerjaan dan tidak mengkhawatirkan inflasi dapat ditanggapi positif oleh harga emas. Terlebih lagi apabila kebijakan akomodatif masih dipertahankan.

N amun, akhir-akhir ini laju penguatan harga emas tertahan akibat Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY). Menyentuh level tinggi beberapa pekan pada hari Senin (13/September). Hal itu membuat emas terasa mahal bagi pemilik mata uang selain Dollar Amerika Serikat. Emas sebenarnya merupakan aset nilai lindung terhadap inflasi, tetapi kerap bersaing dengan Dollar Amerika Serikat.

Presiden The Fed untuk wilayah Cleveland, Loretta Mester. Pada hari Jumat pekan lalu mengungkapkan keinginannya supaya The Fed memulai tapering tahun ini. Mester memiliki pendapat yang sama dengan sejumlah pejabat The Fed lain. Yang mana mengatakan bahwa pengurangan stimulus ekonomi tetap perlu dilakukan walaupun pertumbuhan ketenagakerjaan melemah di bulan Agustus.

ANALISA FUNDAMENTAL

Hari ini akan ada rilis data Consumer Price Index (CPI) Amerika Serikat bulan Agustus 2021. Data inflasi ini dirilis oleh biro statistik tenaga kerja Amerika Serikat, mengukur persentase perubahan data CPI dibandingkan periode sebelumnya.

Pada saat yang sama akan dirilis CPI total dan CPI inti (Core CPI) yang tidak termasuk harga makanan dan energi. Masing-masing untuk month over month (m/m) yang dibandingkan dengan data bulan sebelumnya. Dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Untuk bulan Agustus 2021 diperkirakan CPI total y/y akan turun menjadi +5.3 %. CPI inti y/y +4.2 %, CPI total m/m diperkirakan +0.4 %, dan CPI inti m/m +0.3 %. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

ANALISA TEKNIKAL

Minggu ini, survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sekitar 60 % pemain Wall Street memperkirakan pergerakan harga emas minggu ini akan netral atau sideways, 20% bullish, dan 20 % lainnya bearish. Sementara 55 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 26 % bearish, dan 35 % lainnya netral (sideways).

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1800/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1811/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1780/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $1770/troy ons dan. Support 3 di level $ 1753/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB JAKARTA / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2235 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*