PT SOLID GOLD BERJANGKA | $ 2.000/TROY ONS

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – DOLLAR AMERIKA SERIAKT TERTEKAN; HARGA EMAS KEMBALI BERKILAU MENDEKATI LEVEL PSIKOLOGIS $ 2.000/TROY ONS

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas terus melemah dalam 4 hari terakhir, termasuk pada hari ini Rabu (26/Agustus) melemah hingga 0,7 % ke US $ 1.902.30/troy ons. Akan tetapi, diakhir sesi perdagangan harga emas berbalik menguat hingga 1.34% atau mencapai level $ 1.954.80/troy ons seiring Indeks dollar Amerika Serikat (DXY) mulai dalam tren menurun sejak bulan Juli, di saat yang sama harga emas mulai dalam bergerak naik dan melesat hingga berkali-kali mencetak rekor tertinggi sepanjang masa.

Sepanjang bulan Juli, indeks dollar Amerika Serikat merosot 4,15 % sebaliknya emas melesat 10,9 %. Ambrolnya indeks yang mengukur kekuatan dollar Amerika Serikat ini memang menjadi pemicu harga emas terus melesat hingga mencetak rekor tertinggi sepanjang masa US $ 2.072,49/troy ons pada 7 Agustus lalu.

Memang emas sudah mulai menguat sejak virus corona menyerang bumi ini, negara-negara masuk ke jurang resesi, dan bank sentral di berbagai negara bertindak agresif dengan menurunkan suku bunga dan menerapkan kebijakan pembelian aset (quantitative easing). Faktor-faktor tersebut menjadi modal kuat bagi emas untuk terus bergerak naik, tetapi pemicu terakhir terbangnya harga emas adalah ambrolnya dollar Amerika Serikat.

Namun, saat ini pasar kembali wait and see fokus mencermati perkembangan kesepakatan dagang Amerika Serikat China serta kebijakan bank sentral Amerika Serikat ke depannya. Reuters melaporkan, pejabat tinggi perdagangan Amerika Serikat dan China menegaskan kembali komitmen mereka terkait kesepakatan perdagangan fase 1.

Di sisi lain, lonjakan harga emas tahun ini sebenarnya bisa menjadi tanda bahwa kepercayaan pada uang dan kepercayaan pada sistem kebijakan moneter saat ini sedang terkikis, kepala strategi aset riil menunjukkan.

“Sistem moneter [kami] yang berfungsi hari ini, dan sebagian besar dipercaya. Dengan demikian, kenaikan harga emas dan mata uang kripto baru-baru ini mungkin merupakan tanda bahwa kontingen kecil, namun terus berkembang, mempertanyakan sistem moneter dunia, “tulis LaForge.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Pasar sedang menanti akan seperti apa bunyi pidato dari Jerome Powell selaku ketua bank sentral Amerika Serikat the Fed yang dijadwalkan memberikan pandangan terkait kebijakan moneter ke depan di Jackhole Symposium, Kamis pekan ini.

“Kami mengharapkan Federal Reserve (Fed) untuk mengubah cara mendekati target inflasi, memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam menerapkan kebijakan moneter,” kata kepala strategi pendapatan tetap global Wells Fargo Brian Rehling kepada Kitco News.

Tensi geopolitik yang tinggi serta kebijakan ultra-longgar selama ini dinilai membuat fundamental emas sebagai aset safe haven kokoh. Hal ini membuat harga logam kuning tersebut pun reli tak terbendung di sepanjang tahun ini.
Ada beberapa alasan mengapa emas menguat, mencapai level tertinggi baru sepanjang masa di atas US$ 2.000/troy ons untuk pertama kalinya dalam sejarah di awal bulan ini. “Sepanjang tahun, kami telah menjelaskan tiga alasan utama. Kami percaya bahwa pendorong harga utama emas sebagian besar bermuara pada:

1) suku bunga riil jangka panjang yang rendah,
2) pencetakan uang global yang berlebihan (pelonggaran kuantitatif/QE), dan, yang terbaru,
3) melemahnya dollar Amerika Serikat. “tulis kepala strategi aset nyata Wells Fargo John LaForg.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Grafik harian masih menunjukkan harga emas sedang dalam koreksi turun yang normal dalam tren naik yang masih kuat. Namun, apabila ada tekanan jual yang lebih kuat lagi pada minggu ini, hal ini akan bisa merusak grafik jangka pendek. Jadi pergerakan harga emas selama sisa minggu ini sangat kritikal. Untuk
hari ini, tren naik masih memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek.

Berdasarkan survei Kitco terhadap para pelaku pasar menunjukkan bahwa analis Wall Street mulai berbeda pendapat terhadap pergerakan harga logam mulia pekan depan. Sebanyak 47 % analis memperkirakan harga emas masih bakal naik lebih tinggi, 47 % lainnya memperkirakan turun dan sisanya netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1953/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1967/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1925/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1912/troy ons dan support 3 $1900/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2085 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*