PT SOLID GOLD BERJANGKA | BANYAK NYA SENTIMEN GLOBAL

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS BERGERAK FLUKTUATIF SEIRING BANYAK NYA SENTIMEN GLOBAL

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas melanjutkan penurunan secara berturut-turut di awal sesi perdagangan Eropa pada hari Rabu malam (27/May) turun hamper 1 % ke level terendah 2 pekan terakhir $ 1693.50/troy ons ditengah harapan akan perekonomian segera bangkit setelah beberapa negara yang memutar kembali roda perekonomian setelah sukses meredam penyebaran pandemi penyakit virus corona (Covid-19) serta optimisme pelaku pasar terhadap penemuan vaksin corona virus.

Akan tetapi, di akhir sesi penutupan perdagangan pada hari Rabu malam (27/May) harga emas kembali memangkas pelemahan (naik) dan tutup dekat level tertinggi. Faktor pendukung utama untuk pasar (emas) adalah meningkatnya ketegangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat.

Kantor kementerian luar negeri Tiongkok di Hong Kong dan kepala keamanan kota membela undang-undang keamanan yang diusulkan dengan menggambarkan beberapa tindakan dalam protes massa pro-demokrasi tahun lalu sebagai terorisme. Undang-undang yang diusulkan dapat menyebabkan sanksi Amerika Serikat terhadap Hong Kong dan Tiongkok, dan mengancam status kota sebagai pusat keuangan.

Pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian global menuju jurang resesi. Akibatnya bank sentral di berbagai negara menerapkan kebijakan ultra longgar dengan memangkas suku bunga bahkan menerapkan kebijakan yang tidak biasa (unconventional) seperti program pembelian aset quantitative easing/QE). Saat ini, para pelaku pasar memandang emas adalah sebagai aset safe haven selama ketidakpastian politik dan ekonomi.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Harga emas pekan ini berpotensi menguat dalam jangka panjang seiring kembali meningkatnya ketegangan isu geopolitik global antara Amerika Serikat – Tiongkok di Hong Kong.

Presiden AS Donald Trump sendiri mengeluarkan pernyataan pada Selasa (26/05) kemarin bahwa dia sedang menyiapkan balasan dalam minggu ini untuk undang-undang baru mengenai keamanan Hong Kong yang akan dikeluarkan China.

Disisi lain, untuk jangka panjang, outlook emas masih bullish. Pada bulan April lalu, Bank of America (BofA) memprediksi harga emas akan ke US $ 3.000/USD dalam 18 bulan ke depan. Analis dari BofA tersebut melihat perekonomian global yang mengalami resesi, kemudian stimulus fiskal serta peningkatan neraca bank sentral akan membuat pelaku pasar memburu emas sebagai investasi, sehingga harganya akan melonjak.

ANALISA TEKNIKAL ( XAUUSD )

Menurut analisa teknikal, Jika harga emas pada perdagangan pada hari ini dapat menembus level resistance 1 $ 1,719/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan ke resistance 2 $ 1775/troy ons. Support (tahanan bawah) terdekat berada di kisaran $ 1.705/troy ons, jika dilewati emas berpotensi melemah ke $ 1.698 sampai $ 1.690/troy ons.

Penembusan konsisten di bawah level tersebut berisiko membuat emas drop dan kembali memasuki fase konsolidasi, dengan target bawah ke $ 1.686/troy ons. Sementara untuk jangka panjang, outlook emas masih bullish alias dalam tren naik, sehingga jika mampu mengakhiri perdagangan di atas level $ 1.736/troy ons, emas berpeluang menguat menuju $ 1.800/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2108 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*