PT SOLID GOLD BERJANGKA | BUNGA DI RANGE 0 % – 0.25 %

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MENGUAT, THE FED TETAP MEMPERTAHANKAN TINGKAT SUKU BUNGA DI RANGE 0 % – 0.25 %

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas sempat melemah di sesi perdagangan Asia pada hari Rabu (29/Apr) dengan penurunan hingga -0.5 % dan bergerak dibawah level psikologis $1700 yaitu pada level $1694.85/troy ons seiring adanya kemajuan terkait pengobatan COVID-19 yang berpotensi mengurangi tingkat volume permintaan emas, sehingga mendorong harga untuk membukukan penurunan diawal sesi perdagangan.

Akan tetapi, harga harga emas kembali memangkas pelemahan disepanjang sesi perdangan Eropa pada hari Rabu malam (29/Apr) naik sebesar 0.35% atau mencapai level $ 1717.95/troy ons ditengah Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat jatuh ke teritori negatif untuk pertama kalinya sejak 2014. The U.S. Bureau of Economic Analysis (BEA) pada hari Rabu (29/Apr) malam ini melaporkan, GDP Amerika Serikat Advanced untuk kuartal pertama 2020 anjlok ke – 4.8 %. Hasil tersebut lebih buruk daripada estimasi penurunan ke – 4.0 %. Data GDP Amerika Serikat kuartal pertama itu juga otomatis menghentikan periode ekspansi terpanjang GDP Amerika Serikat sepanjang sejarah, sekaligus menjadi kontraksi terparah sejak kuartal akhir 2008.

Pandemi virus Corona yang melanda dunia, dan Amerika Serikat secara khusus sejak bulan Maret, telah memporakporandakan produktivitas industri dan melemahkan belanja konsumen. Menyusul laporan GDP Amerika Serikat yang di bawah ekspektasi tersebut, Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) yang sudah tertekan menjadi kian tak berkutik dari level rendah. Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) melanjutkan trend bearish-nya sejak akhir pekan, dengan turun 0.21 % ke 99.75.

Disisi lain, setelah pertemuan FOMC pekan ini, bank sentral Amerika Serikat mengatakan akan mempertahankan target suku bunga saat ini antara 0 % dan 0,25 %. Federal Reserve memberikan gambaran suram mengenai kondisi saat ini dan berjanji untuk melanjutkan sikap kebijakan agresif secara historis sampai merasa nyaman bahwa ekonomi Amerika Serikat kembali bangkit.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, Pasar emas menjadi sangat fluktuatif karena pasar menerima efek dari penyebaran COVID-19 yang cepat. Potensi pergerakan pasar kemungkinan masih akan cukup besar untuk hari ini, khususnya di sektor komoditas seperti emas.

Disis lain, harga emas berkemungkinan turun dalam jangka pendek seiring hasil Rapat FOMC pekan ini, bahwa bank sentral Amerika Serikat mengatakan akan mempertahankan target suku bunga saat ini antara 0 % dan 0,25 %. Federal Reserve memberikan gambaran suram mengenai kondisi saat ini dan berjanji untuk melanjutkan sikap kebijakan agresif secara historis sampai merasa nyaman bahwa ekonomi Amerika Serikat kembali bangkit.

Komitmen tesebut lebih kuat daripada yang diperkirakan sebagian besar pelaku pasar dan mewakili janji untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol dan mempertahankannya hingga pengembalian lapangan kerja maksimun dan inflasi kembali ke sekitar sasaran 2 % yang telah lama dinyatakan oleh The Fed.

Selain itu, ekspektasi pengobatan COVID-19 yang efektif mendorong saham reli dan membantu investor mengabaikan data PDB yang suram dan kata-kata peringatan dari Ketua Federal Reserve Amerika Serikat Jerome Powell.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $ 1700/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawal level psikologis $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level psikologis $ 1686/troy ons.

Hasil Rapat FOMC pekan ini, bahwa bank sentral Amerika Serikat mengatakan akan mempertahankan target suku bunga saat ini antara 0 % dan 0,25 %. Ekspektasi pengobatan COVID-19 yang efektif mendorong saham reli dan membantu investor mengabaikan data PDB yang suram dan kata-kata peringatan dari Ketua Federal
Reserve Amerika Serikat Jerome Powell.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1743 – $ 1686/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1728/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1743/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1686/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta ( Tulus Rifwandi Gea )

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*