PT SOLID GOLD BERJANGKA | “CASH IS THE KING” MUNCUL

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – MUNCULNYA COVID-19 VARIAN DELTA MEMBUAT JARGON “CASH IS THE KING” KEMBALI MUNCUL DALAM PASAR

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas melemah disepanjang sesi perdagangan pada hari Rabu (21/Juli) turun hingga -0.38 % ke level $ 1795.50/troy ons ditengah menguatnya Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) sebesar 0,1 % di 92,96, indeks ini menyentuh titik terkuat dalam tiga bulan terakhir. Walaupun harga emas sempat turun dibawah level psikologis $ 1800/troy ons pada perdangan Eropa. Namun, disesi penutupan perdagangan harga emas masih mempertahankan penguatannya dan tutup di level $ 1803.65/troy ons.

Disisi lain, para pelaku pasar (dan seluru dunia) kembali dibuat khawatir oleh pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Kemunculan virus corona varian delta yang lebih menular membuat angka kasus positif menanjak.

Investor tidak berani berspekulasi dan menjadi pendorong penguatan dollar Amerika Serikat. Saat situasi menjadi sangat tidak pasti, saat dunia kembali dibayangi ancaman karantina wilayah alias lockdown, maka bermain aman adalah pilihan yang sangat wajar. Bahkan ada tendensi investor bermain sangat aman yaitu dengan memegang uang tunai (Cash is the king).

Bukan sekadar uang tunai, dollar Amerika Serikat yang menjadi pilihan utama. Akan
tetapi, para pelaku pasar tentunya tidak akan berlama-lama menyimpan dollar Amerika Serikat mengingat meningkatnya inflasi di Amerika Serika, sehingga dapat menurunkan nilai dollar tersebut. Maklum saja, inflasi yang tinggi tentunya bisa memukul daya beli warga Amerika Serikat, dan berisiko menahan laju pemulihan ekonomi.

ANALISA FUNDAMENTAL

Hari ini akan ada rilis data Jobless Claims Amerika Serikat per 16 Juli 2021. Untuk minggu ini, diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan kembali turun menjadi 350,000 klaim. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Disisi lain, pengumuman suku bunga bulan Juni 2021 dan statement kebijakan moneter ECB. Untuk bulan Juli 2021, diperkirakan ECB masih akan mempertahankan suku bunga acuan pada 0.00 %. Sementara itu, konferensi pers ECB yang dihadiri Presiden Christine Lagarde. Konferensi pers terdiri atas dua bagian, yaitu pembacaan statement kebijakan moneter dan proyeksi ekonomi, serta sesi tanya jawab. Acara konferensi pers ECB.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, Hasil survei yang dihimpun Kitco.com menunjukkan bahwa sentimen pasar untuk emas masih bullish. Sekitar 56 % pemain Wall Street memperkirakan bullish, 19 % memperkirakan bearish, dan 25 % lainnya netral atau sideways. Sementara itu, 67 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 17 % bearish, dan 16 % lainnya netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1814/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1825/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1784/troy ons. Dan support 3 $ 1776/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2273 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*