PT SOLID GOLD BERJANGKA | COVID-19 GELOMBANG II

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS KOREKSI, DOLAR AS MENGUAT DITENGAH PANDEMIC COVID-19 GELOMBANG II

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Pergerakan harga emas diawal sesi perdagangan pada hari Rabu pagi (24/Juni) sempat menguat tajam dan kembali memecahkan rekor tertingginya tahun ini, naik hingga 0.41 % mencapai level $ 1779.40/troy ons ditengah adanya risiko penyebaran pandemi penyakit akibat virus corona (Covid-19) gelombang kedua masih menjadi penopang penguatan harga emas dunia.

Penguatan harga emas dunia berkaitan dengan keunggulan emas yang biasa menjadi aset aman (safe haven) sehingga ketika para investor dihadapkan pada kekhawatiran Covid-19, emas mulai diburu lagi dan membuat emas semakin berkilau.

Akan tetapi, harga emas koreksi turun disesi perdagangan Eropa pada hari Rabu malam (24/Mei) turun hingga -0.34 % di level $ 1760.40/troy ons seiring menguatnya matau uang Dollar Amerika Serikat setelah Amerika Serikat mengatakan sedang mempertimbangkan tarif ekspor senilai $ 3,1 miliar (£ 2,5 miliar) dari Inggris, Prancis, Jerman dan Spanyol. Tetapi, tetapi turunnya ekuitas di tengah laporan meningkatnya kasus virus corona di banyak negara bagian Amerika Serikat membantu membatasi kerugian untuk aset safe haven.

Disisi lain, kesepakatan dagang antara Amerika Serikat dengan China yang masih tetap berlaku memberikan sentimen positif ke Dollar Amerika Serikat. pernyataan penasehat perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro, mengenai hubungan Amerika Serikat – China. Navarro yang berbicara dalam acara “The Story” di Fox News mengatakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sudah memutuskan untuk mengakhiri kesepakatan dagang dengan China karena intelijen menyakini virus corona berasal dari laboratorium di kota Wuhan.

Amerika Serikat – China yang masih rujuk sebenarnya berdampak positif pada mata uang Dollar Amerika Serikat. Tetapi adanya risiko penyebaran Covid-19 gelombang kedua membuat pelaku pasar berhati-hati mengalirkan modalnya ke negara emerging market dan termasuk pembelian asset berisiko serta saham.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Tingginya volatilitas pasar mengakibatkan investor enggan untuk masuk ke pasar aset berisiko maupun aset dengan imbal hasil (yield) dan cenderung memilih instrumen safe haven seperti emas sebagai tempat berlindung ditengah sentiment global dan ketidak pastian geopolitik diberbagai negara.

Untuk pekan ini, investor perlu mencermati sejumlah sentimen. Pertama tentu perkembangan penyebaran virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Ada kekhawatiran terjadi gelombang serangan kedua (second wave outbreak) karena sejumlah negara menunjukkan peningkatan jumlah kasus. Akibatnya, ada pemerintahan yang kembali mengetatkan pembatasan sosial (social distancing).

Menambah sentimen positif emas adalah berbagai stimulus fiskal yang diperkirakan masih akan digelontorkan pemerintah dan bank sentral dalam upaya untuk menyelamatkan ekonomi. Tingkat suku bunga yang rendah serta stimulus banjir yang disetujui untuk dikeluarkannya perdebatan yang lebih tinggi di masa depan Logam mulia emas pun menjadi semakin menarik di mata investor lantaran emas malah menjadi aset lindung nilai (hedging) terhadap depresiasi mata uang.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Secara teknikal, melihat grafik harian emas bergerak mendatar (sideways) sejak awal April lalu. Harga emas bergerak dalam rentang $ 1.670/troy ons sampai $ 1.744/troy ons. Beberapa kali, harga emas memang sempat melewati batas tersebut, tetapi pada akhirnya harga emas kembali melemah. Ke depannya, jika mampu menembus
$ 1.744/troy ons dengan meyakinkan, dan mampu bertahan di atasnya dalam beberapa hari ke depan, artinya emas berhasil breakout dan harga emas berpeluang melesat menuju US $ 1.765/troy ons. Akan tetapi, jika harga emas dapat kembali menembus level psikologis $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan ke
US $ 1.670/troy ons.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1743/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1756/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1714/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $1700/troy ons dan support 3 $ 1686/troy ons
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta ( Tulus Rifrandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*