PT SOLID GOLD BERJANGKA | Emas $ 1900/TROY ONS

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – BELI? HARGA EMAS KEMBALI BERGERAK DIATAS LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900/TROY ONS

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas kembali meraih penguatan diatas level Psikologis $ 1.900/troy ons setelah turun tajam ke level $ 1.882.20/troy ons disesi perdagangan oada hari rabu (14/Oktober) naik hingga 0.57 % atau mencapai level 1.913.00/ troy ons seiring para investor melangkah masuk untuk membeli pada saat harga turun tajam pada hari Selasa. Selain itu, melemahnya Indek Dollar Amerika Serikat pada pertengahan minggu juga menambah kenaikan dari harga emas.

Keragu-raguan bahwa paket stimulus fiskal Amerika Serikat bisa dikeluarkan sebelum pemilihan presiden berlangsung telah membuat kenaikan indeks saham terhenti dan Indeks Dollar Amerika Serikat juga ikut melemah pada pertengahan minggu ini.

Harga emas yang dipandang sebagai aset lindung nilai (hedging) diuntungkan dengan masifnya stimulus fiskal dan moneter yang digelontorkan pemerintah dan bank sentralnya untuk meredam dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian. Stimulus tersebut membuat investor memasukkan emas ke dalam portofolio mereka.

Minat investor terhadap aset tak berimbal hasil emas ini tercermin kenaikan harga emas sebesar 36 % lebih sepanjang tahun ini.

Sementara, harapan kesepakatan stimulus dari pemerintah dan Bank sentral Amerika Serikat kembali memudar setelah dua kubu antara partai Republik dan Demokrat belum juga mencapai kata sepakat. Gedung Putih baru-baru ini mengajukan proposal paket stimulus senilai US $ 1,8 triliun, yang secara signifikan jauh “dari kebutuhan permukaan, menurut Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi.

Disisi lain, ada berita kurang menggembirakan seputar pengembangan vaksin anti-virus corona. Uji coba vaksin buatan Johnson & Johnson medical dihentikan sementara karena ada laporan salah satu relawan merasakan efek samping. “Butuh beberapa hari untuk mengumpulkan informasi dan melakukan evaluasi,” kata Mathai Mammen, Kepala Riset dan Pengembangan Johnson & Johnson, seperti dikutip dari Reuters. Dinamika ini membuat investor cemas. Kalau rilis vaksin anti-virus corona tertunda, maka ekonomi akan sulit dibangkitkan karena masyarakat belum merasa aman untuk beraktivitas di luar rumah. Resesi jadi semakin susah diakhiri.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Untuk harga emas, kurangnya kemajuan dalam negosiasi bantuan Kongres dapat mengakibatkan lebih banyak pernyataan yang terdengar bearish dari pemerintah Amerika Serikat minggu ini. Pembicaraan antara fraksi partai Demokrat DPR dan pemerintahan Trump tentang paket bantuan ekonomi tetap menemui jalan buntu selama akhir pekan, sehingga semakin kecil kemungkinan kesepakatan dapat dicapai sebelum pemilihan Amerika Serikat 2020.

Disisi lain, Dana Moneter Internasional (IMF) telah merilis proyeksi ekonomi terbaru. Dalam laporan berjudul A Long and Difficult Ascent tersebut, IMF merevisi ‘ramalan’ pertumbuhan ekonomi global dan sejumlah negara. IMF kini memperkirakan ekonomi dunia pada 2020 mengalami kontraksi -4,4 %. Sedikit membaik dibandingkan proyeksi yang dirilis pada April lalu yaitu -4,9 %.

“Ekonomi dunia perlahan mulai keluar dari jurang terdalam. Namun dengan virus corona yang masih menyebar, beberapa negara mulai mengerem pembukaan kembali aktivitas publik dan sebagian bahkan mulai menerapkan karantina wilayah (lockdown) skala lokal. Perjalanan pemulihan ekonomi dunia ke level pra-pandemi masih panjang dan rentan berbalik arah,” tulis laporan itu.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Hasil survei Kitco terhadap para analis di Wall Street menunjukkan sangat bullish terhadap emas di pekan ini. Dari 17 analis yang berpartisipasi, sebanyak 13 orang atau 76 % memberikan outlook bullish (tren naik) di pekan ini, sebanyak 6 % bearish (tren turun) dan 18 % neutral atau bergerak sideways. Kitco juga melakukan survei terhadap pelaku pasar yang disebut Main Street dari 1.164 yang berpartisipasi sebanyak 54 % bullish, 26 % bearish, dan 20 % neutral.

Saat ini, level psikologis $ 1.900/troy ons menjadi support terdekat, selama bertahan di atasnya, emas cenderung masih akan melesat naik. Potensi penguatan emas akan meredup jika kembali ke bawah level psikologis tersebut.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1923/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1937/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1895/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1882/troy ons dan support 3 $ 1874/troy ons
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2090 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*