PT SOLID GOLD BERJANGKA | EMAS BERPOTENSI MENGUAT

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS BERPOTENSI MENGUAT, KASUS COVID-19 DI AMERIKA SERIKAT MENINGKAT DAN INDEKS DOLLAR AMERIKA SERIKAT TERTEKAN

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas sempat melemah diawal sesi perdagangan Amerika Serikat pada hari Rabu malam (18/November) turun hingga -0.48 % ke level $ 1960.92/troy ons akibat berita baik seputar pengembangan vaksin Covid-19. Hal ini, masih membatasi pergerakan harga emas untuk kembali
menembus level psikologis $ 1900/troy ons.

Setelah Pfizer dan BioNTech, kini giliran Moderna Inc yang melaporkan bahwa kandidat vaksin yang mereka kembangkan memiliki prospek menjanjikan. Namun yang perlu diingat adalah hasil tersebut merupakan analisa awal dari proses uji klinis tahap terakhir. Meskipun nantinya kandidat vaksin tersebut lolos dan direstui untuk digunakan oleh publik, jalan menuju imunisasi masal dan global masih panjang.

Hanya saja optimisme di pasar menjadi bangkit oleh kabar tersebut, risk appetite para investor dan trader membaik. Untuk jangka menengah dan panjang analis dan ekonom melihat prospek emas masih positif. Riset terbaru Citi menyebutkan bahwa dollar Amerika Serikat terancam anjlok 20 %. Dalam laporannya tersebut Citi juga menyinggung soal vaksin Covid-19.

Ketika nantinya vaksin tersedia dan didistribusikan ditambah dengan kebijakan moneter ultra longgar oleh bank sentral terutama otoritas moneter Amerika Serikat yakni Federal Reserves bakal menyebabkan dollar Amerika Serikat menjadi semakin terdevaluasi. Koreksi tajam dollar Amerika Serikat bakal memicu terjadinya aliran modal keluar (capital outflow) dari Amerika Serikat. Dana murah di tengah rendahnya suku bunga ini akan mengucur deras ke negara-negara berkembang. Di saat yang sama emas juga akan menguat karena imbal hasil riil aset safe haven (minim risiko) lain yaitu obligasi pemerintah Amerika Serikat sudah jatuh ke teritori negatif.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Sentimen buruk juga masih mengemuka dari angka kasus virus corona, sehingga mengaburkan outlook ekonomi dalam jangka pendek. Dalam sepekan terakhir, Amerika Serikat mencatatkan 1 juta pasien baru virus Covid-19 sehingga total infeksi secara nasional menembus 11 juta, dengan 70.000 di antaranya harus dirawat di rumah sakit. Hal tersebut, berpotensi besar mendorong harga emas dapat meraih penguatan kembali hingga akhir tahun.

Oleh karena itu Citi melihat harga emas masih mungkin terbang ke atas US $ 2.000/troy ons dan mencetak rekor tertinggi barunya sebelum akhir tahun. Citi menilai, reli harga emas sepanjang tahun ini hanyalah bagian dari tren reli panjang emas untuk beberapa waktu ke depan.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Ke depan sentimen di pasar emas masih diyakini masih akan memberikan tekanan ke atas pada harga logam kuning itu. Bank investasi global Goldman Sachs tetap mempertahankan target harga emas di US $ 2.300/troy ons untuk tahun 2021. Sementara itu TD Securities memiliki pandangan yang lebih bullish terhadap emas dengan memproyeksikan harga bakal tembus level fenomenal US$ 2.500/troy ons untuk tahun depan.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1896/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1907/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1874/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1863/troy ons dan support 3 $ 1850/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2106 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*