PT SOLID GOLD BERJANGKA | EMAS SIAP MEROKET

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – STIMULUS AMERIKA SERIKAT KEMBALI DIPERBINCANGKAN EMAS SIAP MEROKET

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas mulai menunjukkan kilaunya di 2 hari perdagangan secara berturut-turut dan telah membukukan penguatan sebesar 2.16% dari level terendah 4 bulan terakhir $ 1764.10/troy ons hingga $ 1832.60/troy ons di sesi perdagangan pada hari Rabu (02/Desember). Penguatan harga emas didorong oleh mulainya perbincangan soal stimulus Amerika Serikat dan pelonggaran moneter dari The Fed.

Ditengah kenaikan kasus positif ini sendiri menyebabkan munculnya rasa urgensi di antara para pengampu kebijakan untuk mempercepat proses negosiasi program paket dana stimulus jumbo yang dianggap sangat diperlukan oleh ekonomi sampai vaksinasi massal dilakukan.

Juru bicara kamar House of Representative Amerika Serikat, Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steve Mnuchin dijadwalkan akan bertemu kembali untuk membahas mengenai paket stimulus US$ 908 miliar. Stimulus akan disalurkan ke sektor-sektor yang terdampak pandemi virus corona seperti bisnis-bisnis kecil dan
para pengangguran. Mnuchin juga menyerukan pada Kongres untuk mengesahkan bantuan baru bagi pelaku usaha restoran senilai US $ 300 miliaruntuk membantu menghadapi efek pandemi selama musim dingin.

Selain itu, Presiden terpilih Joe Biden yang menyebutkan bahwa pihaknya tak akan buru-buru mencabut tarif yang dikenakan oleh pemerintahan Donald Trump terhadap produk impor asal China membuat pasar ketar-ketir bahwa efek perang dagang masih akan panjang. Sementara, Pasar juga cenderung kecewa melihat data penggajian swasta versi ADP yang hanya naik 307K pada November, lebih buruk dari posisi Oktober sebanyak 365K Capaian itu juga jauh dari ekspektasi ekonom yang memperkirakan angka 475K orang.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa Fundamental, Krisis ekonomi akibat pandemi virus corona telah menyebabkan beberapa negara telah melikuidasi atau menambah cadangan emas mereka. Data yang diperoleh dan dihitung oleh Finbold.com menunjukkan bahwa empat dari 12 negara teratas dengan cadangan emas tertinggi secara kumulatif menambahkan 208,34 ton emas antara Maret dan Desember 2020. Delapan negara lainnya secara kumulatif melikuidasi 12,78 ton emas selama periode yang sama.

Secara historis, negara menyimpan emas batangan melalui bank sentral atau kas mereka. Cadangan menambah nilai kelayakan kredit suatu negara dalam penerbitan mata uang dan obligasi. Emas juga bertindak sebagai ukuran perlindungan terhadap inflasi, memperoleh pinjaman, dan mencegah kehancuran ekonomi.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, yang dilansir Kitco News, dalam sebuah laporan yang diterbitkan minggu lalu, analis di ANG Traders mengatakan bahwa harga emas berpotensi naik menjadi US $ 1.900/troy ons karena harga telah memantul dari level support kritis sekitar US$ 1.770/troy ons.

Meskipun emas memiliki ruang untuk bergerak lebih tinggi dalam waktu dekat, ANG mengatakan prospek menengah tidak terlihat cerah. “Dalam jangka menengah (6 bulan), emas cenderung melemah, tapi setelah itu, kemungkinan akan memasuki pasar bullish yang panjang,” kata analis.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $1827/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1841/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1800/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1787/troy ons dan support 3 $1775/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2234 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*