PT SOLID GOLD BERJANGKA | FUNDAMENTAL EMAS MASIH KOKOH

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – WOW! FUNDAMENTAL EMAS MASIH KOKOH SEHINGGA NYAMAN BERGERAK DIATAS LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900/TROY ONS

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTAHarga emas sudah mulai nyaman bergerak diatas level psikologis $ 1900/troy ons. Meskipun, laporan rilis data Amerika Serikat positif pada hari Selasa malam (01/Juni) harga tetap kuat naik. Seiring fundamental emas yang masih kokoh. Harga emas bergerak stabil disesi perdagangan pada hari Rabu (02/Juni) bergerak di range $ 1890 – $ 1910/troy ons. Jelang laporan rilis data penting dari Amerika Serikat pada hari ini dan besok jumat.

Sementara, saat ini Imbal hasil Treasury Amerika Serikat turun. Dengan investor mencerna data inflasi minggu lalu dan menantikan juga laporan pekerjaan hari Jumat. Imbal hasil Treasury 10-tahun turun 2,4 basis poin lebih rendah menjadi 1,591 % pada 10:45 ET. Imbal hasil Treasury 30-tahun turun 2,2 basis poin menjadi 2,274 %. Hasil bergerak berbanding terbalik dengan harga. Satu basis poin sama dengan 0,01 %.

Inflasi tetap menjadi fokus setelah rilis indeks pengeluaran konsumsi pribadi inti – pengukur inflasi utama – minggu lalu. PCE inti naik 3,1% pada April dari tahun sebelumnya, lebih naik dari yang diperkirakan. Emas, yang sering digunakan sebagai lindung nilai inflasi, masih bertahan di atas level psikologis $ 1.900/troy ons.

Disisi lain, Tanda-tanda berlanjutnya pelemahan dollar Amerika Serikat terlihat dari semakin banyaknya pelaku pasar yang mengambil posisi jual (short). Data dari Commodity Futures Trading Commission (CFTC) yang dirilis Jumat lalu. Menunjukkan posisi jual (short) dollar Amerika Serikat berada di level tertinggi sejak akhir Februari.

Nilai net short dollar Amerika Serikat pada pekan yang berakhir 25 Mei dilaporkan sebesar US $ 27,89 miliar. Naik tajam dibandingkan posisi net short sepekan sebelumnya US $ 15,07 miliar. Naiknya posisi net short tersebut menunjukkan semakin banyak pelaku pasar yang “membuang” dollar Amerika Serikat sebab diprediksi nilainya akan akan melemah.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Untuk minggu ini. Pasar akan fokus pada data ketenagakerjaan Amerika Serikat yaitu Non Farm Payrolls (NFP), tingkat pengangguran, dan upah. Pelaku pasar bakal memantau rilis ketenagakerjaan pada Jumat nanti.

Sejauh ini ekonom dalam polling Dow Jones. Memperkirakan akan ada 671.000 tenaga kerja baru yang terserap pada Mei, atau naik dari penyerapan April sebanyak 266.000. Sementara itu, tingkat pengangguran diprediksi drop ke 5.9 %. Data penting dari Amerika Serikat lainya adalah ISM Manufacturing dan Non Manufacturing.

Survei yang dihimpun Kitco.com menunjukkan mayoritas pemain pasar memperkirakan minggu ini
harga emas masih bullish. 57 % pemain Wall Street memperkirakan naik (bullish), 21.5 % netral (sideways), dan 21.5 % lainnya memperkirakan turun (bearish). Sementara itu, 67 % pemain Main Street memperkirakan harga emas naik (bullish), 17 %turun (bearish), dan 16 % netral (sideways).

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal harga emas saat ini sudah berada di atas ratarata pergerakan harga 200 hariannya (moving average/MA200). Selain itu garis MA50 juga sudah memotong ke tas garis MA100. Apabila emas masih terus konsisten mencatatkan penguatan. Dan garis MA50 berhasil memotong ke atas MA200, maka polagolden crossakan terbentuk dan tren bullish emas akan semakin terkonfirmasi.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1914/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1928/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1885/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1871/troy ons dan support 3 $ 1860/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2200 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*