PT SOLID GOLD BERJANGKA | SINYAL TAPERING TAHUN INI

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS KOREKSI TIPIS PASCA THE FED MEMBERIKAN SINYAL TAPERING TAHUN INI

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTAHarga emas mengalami sedikit koreksi disesi perdagangan Eropa pada hari Rabu (22/September) malam. Turun sebesar -0.35 % ke level $ 1764.45/troy ons, sebelum tutup di level $ 1768.00/troy ons. Pasca pernyataan The Fed terhadap pelaksanaan pengurangan nilai program pembelian aset atau biasa disebut dengan tapering di Amerika Serikat.

Federal Reserve mengatakan pada hari Rabu kemungkinan akan mulai mengurangi pembelian obligasi bulanan segera setelah November. Dan mengisyaratkan kenaikan suku bunga mungkin mengikuti lebih cepat dari yang diharapkan. Karena pergantian bank sentral Amerika Serikat dari kebijakan krisis pandemi mendapatkan momentum. Selain itu, proyeksi ekonomi yang menunjukkan sembilan dari 18 pejabat Fed siap untuk menaikkan suku bunga tahun depan. Sebagai tanggapan terhadap inflasi yang sekarang diharapkan bank sentral akan berjalan pada 4,2 % tahun ini. Lebih dari dua kali lipatnya dari target 2 %.

Penarikan pembelian obligasi bulanan senilai $ 120 miliar oleh bank sentral dapat dimulai. Setelah pertemuan kebijakan 2-3 November selama pertumbuhan pekerjaan Amerika Serikat hingga September “cukup kuat. Ketua Fed Jerome Powell mengatakan dalam konferensi pers menyusul laporan terbaru bank sentral. Laporan nonfarm payrolls Amerika Serikat untuk September akan dirilis pada awal Oktober. Laporan terakhir sebelum pembuat kebijakan The Fed bertemu lagi pada November.

Sementara itu, ketua The Fed juga masih mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level 0-0.25 %. Kenaikan suku bunga diperkirakan akan berjalan lambat. Dalam pernyaan The Fed ia memberikan proyeksi kenaikan suku bunga menjadi 1 %. Pada tahun 2023 dan kemudian menjadi 1,8 % pada tahun 2024 – masih dianggap sebagai sikap kebijakan moneter yang longgar. Untuk saat ini, Ketua The Fed masih mengantisipasi keadaan lapangan kerja Amerika Serikat sambil menjaga tingkat inflasi. Yang dipandang sebagai indikator dari pengambilan kebijakan moneter kedepan.

ANALISA FUNDAMENTAL

Fokus pasar pada minggu ini ada pada pernyataan dari the Fed pada hari jumat. Dengan pasar akan menaruh perhatian penuh kepada waktu dilakukannya tapering. Dan kabar mengenai dihentikannya pembelian obligasi (tapering).

Selanjutnya bank sentral Amerika Serikat akan menaruh perhatian seksama terhadap inflasi Amerika Serikat. Dan data employment ketika mengupdate pasar mengenai rencana “tapering” yang akan datang. Jika the Fed tidak melakukan apa-apa pada hari Rabu waktu Amerika Serikat. Atau Kamis dini hari waktu Indonesia, namun memberikan pertanda bahwa suatu rencana telah dibuat. Dan akan melakukan sesuatu pada bulan Desember, hal ini akan sedikit lebih baik bagi emas.

Angka – angka perumahan pada awal minggu bisa memberikan pandangan mengenai sektor konstruksi yang sudah panas. PMI pendahuluan dari Markit untuk bulan September juga menarik perhatian. Selanjutnya bank sentral Amerika Serikat akan menaruh perhatian seksama terhadap inflasi Amerika Serikat. Dan data employment ketika mengupdate pasar mengenai rencana “tapering” yang akan datang.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, Menurut beberapa analis, level pemulihan harga emas berada di kisaran $ 1795 sampai $ 1810/troy ons. Sementara itu, target support berada di bawah level psikologis $ 1700/troy ons.

Survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sekitar 47 %. Pemain Wall Street memperkirakan pergerakan harga emas minggu ini akan bearish. 47 % lainnya netral atau sideways, dan hanya 7 % yang memperkirakan bullish. Sementara 45 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 39 % bearish, dan 16 % lainnya netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1783/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1800/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1751/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1736/troy ons. Dan support ke 3 berada di level $ 1713/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB JAKARTA / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2254 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*