PT SOLID GOLD BERJANGKA | JOE BIDEN BAWA ANGIN SEGAR

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – CONGRATULATIONS! PELANTIKKAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT TERPILIH ‘JOE BIDEN’ MEMBAWA ANGIN SEGAR TERHADAP EMAS

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas dunia mengalami penguatan disesi perdagangan pada hari Rabu (20/Januari) naik hingga 1.53 % atau mencapai level $ 1870.80/troy ons seiring dengan mulai melemahnya Indeks Dollar Amerika Serikat pasca pelantikkan Presiden Terpilih Amerika Serikat ‘Joe Biden’ dan Wakil Presiden ‘Kamala Harris’.

Terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat dinilai akan menguntungkan emas. Pekan lalu politisi Partai Demokrat ini mengumumkan Kebijakan fiskal ekspansif tersebut tentunya akan membuat defisit anggaran Amerika Serikat menjadi semakin bengkak. Berdasarkan data Kementerian Keuangan Amerika Serikat, defisit anggaran Amerika Serikat membengkak 60,7 % sejak Oktober tahun lalu.

Defisit yang melebar artinya pembiayaan pemerintah harus ditutup dengan utang. Defisit fiskal sekaligus kebijakan moneter ultra longgar yang ditempuh bank sentral Amerika Serikat The Fed melalui kebijakan suku bunga rendah dan program pembelian aset keuangan (quantitative easing/QE) akan membuat dolar Amerika Serikat melemah.

The Fed akan terus memompa likuiditas ke sistem keuangan dengan membeli aset keuangan senilai US $ 120 miliar per bulan dan membuat neraca (balance sheet) menggembung. Tren pelemahan greenback masih akan berlanjut dan
analis melihat ini positif untuk emas.

Disisi lain, Janet Yellen menghimbau agar para wakil rakyat “bertindak besar” dan mendukung stimulus lebih lanjut guna mendorong pemulihan ekonomi. Ia juga menilai Amerika Serikat dapat menerapkan pajak korporat yang lebih tinggi asalkan berkoordinasi dengan negara lain, tetapi rencana kenaikan pajak korporat hanya akan dimulai setelah AS berhasil mengatasi pandemi COVID-19. Tak pelak, aset-aset safe haven seperti emas pun sangat di untungkan.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa Fundamental, Biden telah menjadi Presiden yang ke-46 Amerika Serikat, menggantikan Donald Trump. Pidato pertamanya akan memfokuskan pada pentingnya menyatukan kembali bangsa yang terpecah pasca kerusuhan Gedung Capitol awal bulan ini. Pada pekan lalu, Biden Mengumumkan rencana stimulus fiskal senilai
US $ 1.9 triliun. Stimulus tersebut membuat sentimen pelaku pasar membaik, dan kembali mendongkrak kinerja kenaikan harga emas. Selain itu, harapan vaksinasi akan dipercepat juga membuat sentimen pelaku pasar membaik.

Kebijakan fiskal ekspansif tersebut tentunya akan membuat defisit anggaran Amerika Serikat menjadi semakin bengkak. Berdasarkan data Kementerian Keuangan Amerika Serikat, defisit anggaran Amerika Serikat membengkak 60,7 % sejak Oktober tahun lalu. Hal ini, sangat menguntungkan terhadap emas karena, tentunya akan memicu kenaikan tingkat inflasi ekonomi di masa yang akan datang.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Kitco melakukan survei di akhir tahun lalu, terhadap pelaku pasar maupun para analis. Hasilnya survei yang melibatkan 2.000 pelaku pasar, sebanyak 84 % memprediksi harga emas akan kembali ke atas US $ 2.000/troy ons di akhir tahun ini.

Yang paling banyak memprediksi emas berada di kisaran US $ 2.300/troy ons. Hasil survei terhadap pelaku pasar tersebut sejalan dengan proyeksi analis yang disurvei Kitco. Analis dari Goldman Sachs, Commerzbank, dan CIBC memprediksi harga emas akan mencapai US $ 2.300/troy ons di tahun ini.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1879/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1900/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1838/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1818/troy ons dan support 3 $ 1800/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta\TulusRifwandiGea

About solid gold 2231 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*