PT SOLID GOLD BERJANGKA | KOREKSI JELANG FOMC

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS KOREKSI JELANG PERTEMUAN FOMC PADA 22 – 23 SEPTEMBER MENDATANG

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas mengalami koreksi di sesi perdagangan pada hari Rabu (15/September). Turun hingga 0.61 % ke level $ 1789.60/troy ons, sebelum tutup di level $ 1793.20/troy ons. Penurunan harga emas ini disebabkan oleh faktor penjualan teknikal di tengah Dollar Amerika Serikat yang sedang melemah. Secara umum, pasar sedang menantikan petunjuk yang lebih jelas mengenai kebijakan moneter The Fed minggu depan.

Setelah data inflasi Amerika Serikat yang meleset dari ekspektasi kemarin, kini para investor menunggu konfirmasi dari kebijakan The Fed. Adapun data ekonomi Amerika Serikat yang dirilis malam ini. Adalah Indeks Manufaktur New York dengan hasil 34.3, lebih tinggi daripada ekspektasi 18.1. Namun, data Produksi Industri bulanan Amerika Serikat turun ke 0.4 % dari 0.8 %. Laporan manufaktur New York yang naik menambah peluang hawkish bagi ketua bank sentral (The Fed).

Untuk saat ini, jika lebih banyak data ekonomi Amerika Serikat yang dilaporkan positif. Maka The Fed akan semakin mendapatkan dukungan untuk mulai mengurangi pembelian aset. Menjelang pengumuman The Fed, harga emas diperkirakan akan bergerak Sideways. Akan tetapi, posisi emas jangka pendek kurang menguntungkan, tetapi perlambatan inflasi dapat menyangga emas dari penurunan tajam. Karena laju tapering The Fed kemungkinan tidak akan segera diikuti dengan kenaikan suku bunga.

Disisi lain, lonjakan kasus positif corona akibat varian delta akan mengancam pemulihan ekonomi. Sehingga emas punya peluang untuk dipilih oleh pelaku pasar karena statusnya sebagai aset aman (safe haven). Namun penguatan nilai tukar mata uang dollar Amerika Serikat. Aksi ambil untung (profit taking), dan belum jelasnya arah kebijakan moneter Amerika Serikat akan membatasi kenaikan harga emas.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, Pada hari ini, akan ada rilis data Retail Sales Amerika Serikat bulan Agustus 2021. Penjualan di tingkat retailer adalah indikator awal bagi kepercayaan konsumen, permintaan. Dan pengeluaran konsumen yang menunjukkan aktivitas ekonomi secara keseluruhan, sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan.

Untuk bulan Agustus 2021, diperkirakan Advance Retail Sales m/m akan kembali turun 0.7 %. Core Retail Sales m/m akan turun 0.1 %, sementara Advance Retail Sales y/y diperkirakan naik 13.0 %. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Selain itu, data Jobless Claims Amerika Serikat per 10 September 2021. Untuk minggu ini, diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan naik menjadi 325,000 klaim. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Fokus para pelaku pasar minggu ini tertuju pada hasil FOMC meeting tanggal 22-23 September mendatang. Yang akan disertai dengan proyeksi ekonomi dan suku bunga.

Diperkirakan, The Fed akan mengumumkan rincian kebijakan moneter termasuk tapering dan prospek suku bunga. Data penting dari Amerika Serikat minggu ini adalah inflasi di tingkat produsen (PPI) Amerika Serikat dan Jobless Claims Amerika Serikat.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, Survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sekitar 60 %. Pemain Wall Street memperkirakan pergerakan harga emas minggu ini akan netral atau sideways, 20 % bullish. Dan 20 % lainnya bearish. Sementara 55 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 26 % bearish, dan 35 % lainnya netral.

Sepanjang tahun ini, outflow juga sangat besar, 141 ton emas dilaporkan “menguap” dari pasar ETF. Para analis menyatakan agar emas bisa kembali ke US $ 2.000/troy ons di akhir tahun nanti. Tren outflow tersebut harus bisa berbalik menjadi inflow.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1814/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1825/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1784/troy ons. Dan support 3 di level $1776/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2254 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*