PT SOLID GOLD BERJANGKA | LEVEL TERENDAH 2 TAHUN

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS BERKILAU DITENGAH MATA UANG INDEKS DOLLAR (DXY) AS TERJUN BEBAS KE LEVEL TERENDAH 2 TAHUN

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas kembali mencetak rekor tertinggi sepanjang masa pada perdagangan Rabu (5/Agustus) naik hingga 1.05 % atau mencapai level $ 2055.65/troy ons ditengah Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) yang kembali merosot menjadi pemicu penguatan harga logam mulai ini, dan dalam beberapa pekan terakhir. Pagi ini posisi emas sedikit terkoreksi, pada pukul 08.45 WIB berada di level US $ 2.044,10/troy ons.

Indeks dollar Amerika Serikat yang kembali melemah menjadi pemicu penguatan emas hari ini, bahkan dalam 2 pekan terakhir hingga akhirnya terus memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa berkali-kali. Sore ini, indeks yang menjadi tolak ukur kekuatan dollar Amerika Serikat kembali melemah 0,42 % berada di level 92,994.Sepanjang bulan lalu indeks dollar Amerika Serikat merosot lebih dari 4 % hingga menyentuh level terendah 2 tahun.

Resesi di berbagai negara akibat pandemi penyakit virus corona (Covid-19), serta kebijakan suku bunga rendah dan quantitative easing (QE) bank sentral dan kebijakan fiskal pemerintah di berbagai negara menjadi “bahan bakar” emas untuk terus melaju naik. Rekor tertinggi sepanjang masa sebelumnya US $ 1.920,3/troy ons yang dicapai pada September 2011 pun diprediksi akan pecah, tetapi tidak secepat ini.

Kenaikan harga emas, hingga melewati US $ 2.000/troy ons jauh lebih cepat dari prediksi para analis. Para analis yang memprediksi emas akan mencetak rekor tertinggi sepanjang masa paling cepat melihat akan dicapai pada akhir tahun ini. Nyatanya dalam 2 pekan terakhir emas terus ngegas saat dollar Amerika Serikat nyungsep hingga akhirnya mencetak rekor tertinggi sepanjang masa.

Ketika dollar Amerika Serikat sedang murah atau sedang nyungsep, maka harga emas dunia akan lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, sehingga permintaan berpotensi meningkat, harganya pun melesat. Dengan kata lain, pergerakan emas dan dollar Amerika Serikat akan berlawanan arah. Pemicu utama ambrolnya indeks dollar Amerika Serikat adalah naiknya berkontribusi Euro (57,6 %). Jadi ketika euro menguat tajam, maka indeks yang menjadi tolak ukur kekuatan dollar Amerika Serikat juga akan merosot.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Di awal bulan Juni lalu, bank investasi ternama Goldman Sachs menyarankan untuk “membuang” dollar Amerika Serikat. Sedang hangat-hangatnya isu new normal, atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi penyakit virus corona, roda perekonomian kembali berputar tetapi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Saran Goldman Sachs terbukti jitu, dollar Amerika Serikat terus merosot, indeks yang mengukur kekuatan mata uang Amerika Serikat ini berada di level terendah dalam 2 tahun terakhir. indeks dollar kembali melemah 0,35 % dan berada di level 93,059. Sepanjang Juni-Juli saja indeks dolar merosot lebih dari 5 %.

Ketika dollar Amerika Serikat sedang murah atau sedang nyungsep, maka harga emas dunia akan lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, sehingga permintaan berpotensi meningkat, harganya pun melesat. Dengan kata lain, pergerakan emas dunia dan dollar Amerika Serikat akan berlawanan arah.

Indeks dollar Amerika Serikat yang kembali melemah menjadi pemicu penguatan emas, bahkan dalam 2 pekan terakhir hingga akhirnya terus memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa berkali-kali.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Kini emas sudah melampui level $ 2.000/troy ons. Streible mengatakan target selanjutnya harga emas berada di level $ 2.200/troy ons. “Sepertinya semakin banyak orang berbicara tentang angka bulat, semakin mereka menjadi seperti ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Setelah mencapai $ 1.921, lanjut ke $ 2.000, “katanya. “$ 2.200 adalah level resistance berikutnya berdasarkan level breakout di $ 1.857 untuk konsolidasi terbaru berdasarkan ekstensi Fibonacci-nya.” tambah Streible.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 2033/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 2045/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 2009/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1997/troy ons dan support 3 $ 1973/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*