PT SOLID GOLD BERJANGKA | MEMERANGI VIRUS CORONA

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS KEMBALI MELEMAH PASCA TINDAKAN GLOBAL MEMERANGI DAMPAK VIRUS CORONA

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas kembali melemah -2.79 % disepanjang sesi perdagangan pada hari Rabu (18/Mar). Turun ke level terendah desember 2019 pada level $ 1472.80/troy ons ditengah pelarian ke likuiditas oleh para investor. Yang melebihi daya Tarik terhadap asset safe haven seperti emas karena ekuitas melihat putaran kerugian besar. Di tengah kekhawatiran atas dampak ekonomi dari pandemi COVID-19.

Selain itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengajukan paket stimulus senilai 1 Triliun USD. Untuk menopang perekonomian Amerika Serikat yang menghadapi potensi perlambatan signifikan akibat pandemi virus Corona.

Kekhawatiran Trump cukup beralasan, mengingat data terbaru mengkonfirmasi bahwa 5,800 orang telah terjangkit virus Corona di seluruh Amerika Serikat. Sementara itu, jumlah korban jiwa sudah mendekati 100 orang. Dalam rincian yang diumumkan, pemerintahan Trump menyebut paket stimulus 1 Triliun USD akan mencakup 50 Miliar USD untuk menyelamatkan maskapai-maskapai penerbangan besar yang kini tengah menghadapi kebangkrutan, 250 Miliar USD untuk menyuntikkan pinjaman terhadap usaha kecil-menengah, dan 500 miliar USD ditujukan pada individu, baik dalam bentuk bantuan langsung ataupun pengurangan pajak penghasilan.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa langkah yang sedang diupayakan merupakan bentuk perlawanan terhadap dampak pandemi Corona yang menyebar cepat. Ia pun meyakini jika ekonomi Amerika Serikat akan “bangkit kembali” dari keterpurukan akibat virus Corona. “Kita akan menjadi lebih besar dari saat ini,” kata Trump sembari merujuk pada pemerintahan Amerika Serikat yang kini sedang berperang melawan musuh tak terlihat.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, Pemotongan suku bunga The Fed ke level nol pada hari Minggu kemarin, rupanya tidak lantas menggenjot harga emas seperti di era krisis
finansial sebelumnya.

Harga emas mendapatkan “support” setelah Federal Reserve Amerika Serikat mengumumkan pembukaan kembali program pendanaan “commercial paper” darurat yang
digunakan pada saat krisis keuangan tahun 2008.

Sementara itu ada rumor dan laporan-laporan bahwa sistem kredit Amerika Serikat jangka pendek tidak likuid dan sedang dilakukan dislokasi. Tindakan the Fed ini juga mendukung pasar saham Amerika Serikat dengan harga-harga mengalami rally setelah berita-berita dari the Fed.

Breaking News :
Minggu ini, fokus pelaku pasar akan tertuju pada FOMC meeting. Investor akan mencermati kemungkinan adanya stimulus tambahan, proyeksi ekonomi Amerika Serikat, serta pernyataan ketua The Fed Jerome Powell pada konferensi pers. Disamping The Fed, BoJ juga akan mengadakan meeting minggu ini, yang diperkirakan turut menghasilkan pengumuman stimulus tambahan. Jika The Fed dan BoJ dianggap dovish, kemungkinan harga emas akan rebound.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat ini sedang menguji kembali level psikologis $ 1500 sebagai konfirmasi kembali kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika harga emas bertahan dibawah level pivot point $1484/troy ons maka harga emas dapat mengalami koreksi kembali di level support 1 $1466/troy ons.

Minggu ini, fokus pelaku pasar akan tertuju pada FOMC meeting. Investor akan mencermati kemungkinan adanya stimulus tambahan, proyeksi ekonomi Amerika Serikat, serta pernyataan ketua The Fed Jerome Powell pada konferensi pers. Disamping The Fed, BoJ juga akan mengadakan meeting minggu ini, yang diperkirakan turut
menghasilkan pengumuman stimulus tambahan. Jika The Fed dan BoJ dianggap dovish, kemungkinan harga emas akan rebound.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak di range $ 1557 – $ 1445/troy ons Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1501/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1529/troy ons Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1484/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1466/troy ons dan support 3 $ 1445/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2084 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*