PT SOLID GOLD BERJANGKA | MEMICU RESESI GLOBAL

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS KEMBALI BERKILAU, BEBERAPA NEGARA KEMBALI MEMBERLAKUKAN LOCKDOWN YANG MEMICU RESESI GLOBAL

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas terus menunjukkan kinerja terbaiknya sepanjang tahun 2020. Disesi perdagangan pada hari Rabu (15/Juli) harga emas kembali naik mendekati level tertingginya tahun ini, ke level $ 1815.05/troy ons di tengah resesi akibat lonjakan kasus pandemi virus corona (Covid-19) yang berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, China hingga menjalar ke seluruh penjuru dunia.

Pandemi Covid-19 ini telah memicu pembatasan wilayah (lockdown) di seluruh negara guna memitigasi penyebaran, sehingga berdampak pada terhentinya roda perekonomian global. Ketika aktivitas ekonomi terganggu maka berujung pada jurang resesi, yaitu pertumbuhan ekonomi yang terkontraksi dalam kurun dua kuartal berturut.

Hal ini sudah terlihat seperti Singapura yang resmi resesi mengacu pengumuman dari Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI) Singapura, pada hari Selasa (14/Juli/2020) kemarin. Selain Singapura, sebenarnya ada sejumlah negara lainnya yang juga sudah masuk resesi, di antaranya Jepang yang juga terjun ke dalam resesi pertama sejak 2015 pada pengumuman resmi Mei lalu.

Lalu Jerman juga mengumumkan masuk jurang resesi sejak April 2020. Ekonomi Jerman menyusut 2,2% di kuatal I 2020 secara kuartalan, sebagaimana data dikeluarkan Kantor Statistik Federal. Padahal di kuartal IV 2019, ekonomi kontraksi 0,1 %.

Sementara Prancis dan Italia, juga lebih dulu mempublikasikan resesi. Di bulan Maret lalu corona memukul keras ekonomi kedua negara hingga menyebabkan kontraksi dua kuartal berturut-turut.

Emas saat ini dianggap sebagai lindung nilai (hedging) di saat ketidapastian ekonomi akibat pandemi virus corona, menunjukkan bahwa instrumen yang satu ini merupakan aset safe haven yang paling dicari ketika situasi ekonomi berada di jurang resesi. Hal ini terlihat dari lonjakan harga emas baik global, secara tahun berjalan harga emas melesat tinggi hingga 18,25 % ke level tertinggi 8 tahun terakhir $ 1818.10/toz.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Harga emas mengalami kenaikan karena para pelaku pasar terus menimbang dampak dari lonjakan kasus virus corona dan meningkatnya ketegangan Amerika Serikat – China pada ekonomi global. Banyak negara bagian Amerika Serikat untuk sementara menghentikan pembukaan kembali ekonomi mereka untuk mengurangi wabah, yang telah menginfeksi lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia sejauh ini.

Pejabat Federal Reserve pada hari Selasa memperingatkan bahwa ekonomi Amerika Serikat menghadapi pemulihan yang lebih lama dari pandemi, dan keterpurukan ekonomi masih dapat memburuk ketika kasus meningkat. Hal tersebut dapat memicu tindakan pembatasan aktivitas kembali (lockdown) dan sekali lagi menghentikan
kegiatan ekonomi.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Banyak analis yang memprediksi harga emas akan mencetak rekor tertinggi sepanjang masa. Ada yang memprediksi emas akan mencapai US $ 2.000/troy ons.

Sementara itu Ole Hansen, Kepala Ahli Strategi Komoditas di Saxo Bank, memprediksi emas akan mencetak rekor tertinggi pada tahun depan, dan jangka panjang emas akan mencapai US $ 4.000/troy ons. Ramalan paling ekstrim datang dari Dan Olivier, pendiri Myrmikan Capita, yang memprediksi emas akan mencapai US $ 10.000/troy ons.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1818/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1830/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1782/troy ons dan support 3 $ 1761/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2108 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*