PT SOLID GOLD BERJANGKA | MERAH DARI AWAL PEKAN

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – AMPUN UNCLE FED! HARGA EMAS TERTAHAN DI ZONA MERAH DARI
AWAL PEKAN

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas sedang terpuruk belakangan ini, dan berada di dekat level terendah. Dalam 2 bulan terakhir nyaris turun 1 % ke US $ 1.750.50/troy ons. Di sesi perdagangan pada hari Rabu (30/Juni) harga emas masih tertahan di zona merah. Merespon pernyataan para pejabat bank sentral Amerika Serikat (The Fed).

Salah satu dewan gubernur The Fed, Christopher Waller mengatakan tapering. Atau pengurangan nilai program pembelian aset (quantitative easing/QE) bisa dilakukan secepatnya di tahun ini. Dan suku bunga bisa dinaikkan akhir tahun depan. Waller menjadi salah satu pejabat The Fed yang sangat optimistis akan pemulihan ekonomi dan sangat hawkish dalam meramu kebijakan moneter.

Hal senada juga diungkapkan Presiden The Fed wilayah Richmond Thomas Barkin. Yang mengindikasikan The Fed sudah membuat “kemajuan substansial” terkait target inflasi untuk bisa memulai tapering. Pernyataanpernyataan yang mengindikasikan pengetatan moneter dalam waktu dekat tersebut menjadi pemicu utama merosotnya harga emas ke level terndah 2bulan terakhir.

Pasar masih menanti kabar besar pada Jumat nanti, yakni slip gaji di luar sektor pertanian per Juni. Yang diprediksi 683K unit, menurut konsensus ekonom dalam polling Dow Jones. Angka itu melesat dibandingkan dengan posisi Mei sebanyak 559K. Sementara itu, data slip gaji ADP menyebutkan bahwa. Sektor swasta menerbitkan slip gaji baru sebanyak 692K pada Juni atau mengalahkan ekspektasi pasar.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, Dollar Amerika Serikat kembali memasuki tren penguatan. Dalam sebulan terakhir, Dollar Index (yang menggambarkan posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) menguat 2,24 %.

Kejayaan dollar Amerika Serikat ditopang oleh data ekonomi Amerika Serikat yang positif. Pasalnya indeks harga rumah di Amerika Serikat pada April 2021 berada di 257,1. Melonjak 14,9 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Ini menjadi kenaikan tertinggi sejak Desember 2005. Artinya, kebangkitan ekonomi Amerika Serikat dari terpaan pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) semakin terkonformasi. Investor pun merasa semakin nyaman memegang mata uang USD.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Survei yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sentimen pasar untuk emas secara keseluruhan masih bullish. Sekitar 53.8 % pemain Wall Street memperkirakan bullish, 23.1 % memperkirakan bearish, dan 23.1 % lainnya netral atau sideways. Sementara itu, 54.1 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 24.2 % bearish, dan 21.7 % lainnya netral. Pergerakan di atas level psikologis $1.800/troy ons disebut sebagai tanda bullish utama yang harus diperhatikan.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1773/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1784/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1751/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1740/troy ons. Dan support 3 $ 1731/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2273 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*