PT SOLID GOLD BERJANGKA | PASCA PERNYATAAN THE FED

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – EMAS BERPOTENSI MEMPERPANJANG PENGUATAN PASCA PERNYATAAN THE FED TERHADAP KEBIJAKAN MONETER MASIH BELUM BERUBAH

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas mencatat penguatan disesi perdagnagan Eropa pad hari Rabu (28/Juli) naik. Hingga 0.44 % atau mencapai level $ 1809.80/troy ons. Pasca bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) menyatakan kebijakan moneter longgar dipertahankan. Tanpa sinyal jelas kapan tapering off atau pengurangan pembelian aset di pasar (quantitative easing/QE) dimulai.

Ketua The Fed ‘Jerome Powell’ menyatakan ekonomi Amerika Serikat membaik meski ada varian baru virus Covid-19. Namun, itu belum cukup untuk mencapai target inflasi dan lapangan kerja yang dipatok The Fed. “Kita memiliki landasan untuk mengamankan lapangan kerja,” tutur Powell. “Menurut saya kita masih beberapa langkah menuju kemajuan substansial lebih jauh mencapai target maksimum pembukaan lapangan kerja.

Saya ingin melihat angka lapangan kerja yang lebih kuat.”Namun sayangnya, bank sentral terkuat dunia ini belum memberikan acuan waktu mengenai kapan program pembelian surat berharga. Senilai US$ 120 miliar per bulan (sejak Desember 2020) ini akan diakhiri atau setidaknya dikurangi. “Sejak itu, ekonomi menunjukkan kemajuan mencapai sasaran tersebut dan Komite (FOMC) akan terus mengukur kemajuan. Yang ada dalam pertemuan mendatang,” demikian tertulis di pernyataan resmi yang dirilis usai rapat.

Disisi lain, dengan pernyatan The Fed tersebut, tentunya memberikan peluang terhadap inflasi Amerika Serikat. Akan terus meningkat ditengah program pembelian obligasi di pasar sekunder. Dengan nilai minimal US$ 120 miliar per bulan, telah dilancarkan oleh ketua The Fed Jerome Powell sejak Juni 2020. Tujuannya untuk memasok likuiditas di pasar. Hal ini mengindikasikan bahwa para pelaku pasar memilih bertransaksi dengan menggunakan perspektif bahwa pandemi bakal terus ada. Dan tentunya emas sebagai aset safe haven yang memiliki peran penting sebagai lindung nilai (Hedging) akan diburu oleh pelaku pasar.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, Rapat Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC). Memutuskan mempertahankan suku bunga acuan di 0 – 0,25 % tetapi tak memberikan sinyal jelas mengenai kapan tapering off dijalankan. Ketua bank sentral Amerika Serikat (The Fed) Jerome Powell menyatakan ekonomi Amerika Serikat membaik meski ada varian baru virus Covid-19. Namun, itu belum cukup untuk mencapai target inflasi dan lapangan kerja yang dipatok The Fed.

Indeks Dollar Amerika Serikat jatuh setelah Federal Reserve mengatakan ekonomi pemulihan tetap di jalurnya meskipun ada peningkatan virus corona infeksi. Dalam pernyataan kebijakan optimis baru dan ditandai sedang berlangsung pembicaraan seputar penarikan dukungan kebijakan moneter.

Disisa minggu ini, data penting dari Amerika Serikat lainnya adalah Advanced GDP kuartal kedua 2021. Dan Core PCE Price Index untuk bulan Juni. GDP kuartal kedua diperkirakan melonjak menjadi +8.5 %. Dibandingkan kuartal sebelumnya yang +6.4 %, sementara Core PCE Price Index diperkirakan naik 0.6 %. Sementara itu, rilis data klaim pengangguran Amerika Serikat juga tentunya dipantau oleh pelaku pasar. Seiring data tersebut adalah salah satu indikator yang menunjukkan pemilihan ekonomi Amerika Serikat.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, Dari 15 analis di Wall Street yang disurvei Kitco. 60 % memberikan proyeksi bearish (tren turun) untuk emas di pekan ini. 13 % memberikan proyeksi bullish (tren naik), dan sisanya netral. Sebaliknya, survei yang dilakukan terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street. 55 % memberikan proyeksi bullish, 26 % bearish, dan sisanya netral. Perbedaan antara Wall Street dan Main Street tersebut memberikan gambaran belum jelasnya kemana emas melangkah.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1814/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1825/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1784/troy ons. Dan support 3 $ 1776/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2235 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*