PT SOLID GOLD BERJANGKA | PERNYATAAN PRESIDEN AMERIKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS KOREKSI

SEIRING MEREDANYA KEKHAWATIRAN PARA PELAKU PASAR PASCA PERNYATAAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas memangkas kenaikan disepanjang sesi
perdagangan pada hari Rabu (15/Apr) turun sebesar -0.78 % ke level $ 1706.10/troy ons setelah mengalami kenaikan tajam selama 3 hari berturut-turut mencapai level tertinggi 9 tahun terakhir.

Kenaikan harga emas di batasi oleh penguatan Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) seiring volume permintaan pasar terhadap asset berisiko kembali meningkat.

Harga emas melemah pasca pasca pidato Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada hari rabu (15/Apr) mengumumkan kembali rencana penghapusan pembatasan sosial di Amerika Serikat, yang diberlakukan sebagai pencegahan penyebaran wabah virus corona di Amerika Serikat yang telah mencatat jumlah penderita cukup tinggi sejak pasien pertama terkena virus corona di Amerika Serikat. Penghapusan pembatasan ini mulanya direncanakan akan dihapus pekan ini, setelah perayaan Paskah, tetapi jumlah penderita yang masih meningkat menyebabkan Trump mengundurkan niatnya tersebut.

Pasar merespon positif rencana penghapusan pembatasan sosial di Amerika Serikat, dan membantu penguatan aset-aset berisiko dengan bursa Wall Street mencatat penguatan, dan Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) pun kembali menguat ditengah sentiment global saat ini. Pejabat The Fed memandang penghapusan pembatasan sosial pada 1 Mei mendatang sebagai langkah yang terburu-buru, tetapi mungkin diperlukan sebagai langkah untuk memulihkan kondisi ekonomi yang sudah goyah.

Penjualan Ritel (Retail Sales) Amerika Serikat turun drastis di bulan Maret 2020, akibat kebijakan pemerintah untuk menutup pusat-pusat bisnis guna mencegah penyebaran virus Corona. Hal ini menyebabkan pengurangan drastis terhadap sejumlah barang dan menurunkan aktivitas belanja masyarakat di negara tersebut. Departemen Perdagangan Amerika Serikat, pada hari Rabu (15/Apr) malam ini melaporkan penurunan Retail Sales dalam basis bulanan mencapai -8.7 % di bulan Maret. Selain lebih buruk dari pada ekspektasi penurunan ke 8.0 %, data tersebut juga menjadi penurunan terbesar sejak tahun 1992. akan tetapi, Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) justru menguat. Indeks Dollar Amerika Serikat kembali diminati, setelah pasar memperkirakan bahwa kerusakan ekonomi global akibat pandemi, akan berlangsung lama.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAU USD)

Menurut analisa fundamental, Harga emas memangkas kenaikan sebelumnya karena hanya ada sedikit pergerakan dalam volatilitas dan ekuitas sedikit berbalik, dan koreksi turun yang normal dari kenaikan yang cukup tajam baru-baru ini yang membuat harga emas mencapai ketinggian 9 tahun terakhir di level $ 1,747.75/troy ons pada hari Selasa (14/Apr).

International Monetary Fund (IMF) juga mengatakan bahwa pandemi Covid-19 dapat menyebabkan ekonomi global menyusut hingga 3 % di tahun 2020, yang mana ini akan menjadi penurunan terbesar sejak The Great Depresion.

Disisi lain, Harga emas dapat mengalami pelemahan dalam jangka pendek seiring pulihnya penguatan asset berisiko dan saham saham pasca rencana Presiden Amerika Serikat Donald Trump menghapuskan pembatasan social di Amerika Serikat. Hal ini, memberikan dampak positif terhadap pergerakan pasar global menuju penguatan.

Minggu ini, emas diperkirakan masih akan menguat, menyusul perkiraan beberapa data fundamental penting dari Amerika Serikat yang masih suram. Indeks Manufaktur di perkirakan turun sebesar -30.0.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan menuju level psikologis $ 1800/troy ons jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $ 1700/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawah level psikologis $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level
$ 1686/troy ons.

Untuk pekan ini, harga emas diperkirakan masih akan menguat, menyusul perkiraan beberapa data fundamental penting dari Amerika Serikat yang masih suram. Indeks Manufaktur di perkirakan turun sebesar -30.0. Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1743 – $ 1686/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1728/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1743/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1686/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2085 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*