PT SOLID GOLD BERJANGKA | RELI KENAIKAN KEMBALI

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MEMANGKAS PELEMAHAN DAN SIAP MELANJUTKAN RELI KENAIKAN KEMBALI

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas dunia menukik tajam dari rekor tertinggi sepanjang masa dalam 4 hari perdagangan terakhir. Penurunan tersebut menjadi penurunan harian terburuk dalam 7 tahun terakhir. Disesi perdagangan pada hari Rabu (12/Agustus) harga emas melanjutkan penurunan hingga -2,49 % ke $ 1.862.50/troy ons sebelum tutup pada level $ 1921.70/troy ons. Sehingga jika dilihat dari rekor tertinggi sepanjang masa, emas dunia sudah ambles lebih dari $200 atau sekitar 10,8 %. Penyebab merosotnya emas dunia yakni tanda-tanda pulihnya perekonomian Amerika Serikat yang membuat yield obligasi (Treasury) naik, dan indeks dollar Amerika Serikat bangkit dari level terendah 2 tahun sehingga memicu aksi ambil untung (profit taking) emas.

Aksi profit taking kian menggila setelah media lokal Rusia memberitakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa pemerintahannya telah memberi persetujuan vaksin virus corona yang pertama di dunia. Kabar tersebut membuat bursa saham menguat, bahkan sempat mendekati rekor tertinggi sepanjang masa.
Ketika aset-aset berisiko menguat, maka daya tarik emas sebagai safe haven menjadi luntur. Akan tetapi, memasuki sesi perdagangan Eropa pada hari Rabu malam (12/Agustus) harga emas telah memulihkan sebagian kecil dari penurunan 4 % lebih yang diderita sehari sebelumnya, karena imbal hasil Treasury Amerika Serikat diperdagangkan naik di hari tersebut dan dolar melemah, sehingga memberikan beberapa dukungan kembali untuk harga emas kembali menguat.

Disisi lain, Pembahasan implementasi kesepakatan perdagangan fase satu antara Amerika Serikat – China akan dimulai dalam beberapa hari mendatang. Dikabarkan dalam pertemuan virtual itu, China akan menghadirkan pembicaraan bisnis soal aplikasi TikTok dan WeChat. Seiring dengan pembelian pertanian dan nilai tukar dolaryuan, yang merupakan salah satu topik yang akan dibahas, para pejabat China bermaksud untuk membicarakan mengapa dua aplikasi tersebut dilarang oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan alasan keamanan nasional.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Jika sejarah tersebut berulang, setidaknya pergerakan saat ini sudah sangat mirip, emas akan bangkit lagi dan memecahkan rekor tertinggi baru sebelum akhirnya terkoreksi turun. Atau skenario terburuk, jika emas gagal bangkit, artinya akan ada kemerosotan tajam ke depannya, itu kalau sejarah memang berulang.

Satu hal yang membedakan kondisi 2008 dan 2020 adalah pemicu resesi saat ini adalah pandemi penyakit virus corona (Covid-19). Amerika Serikat sampai saat ini masih mengalami peningkatan kasus Covid-19, sehingga pemulihan ekonominya terancam berjalan dengan lambat. Oleh karena itu, nasib emas saat ini akan ditentukan si virus corona, apakah berhasil diredam, ataukah akhirnya vaksin ditemukan sehingga semua perlahan kembali normal, atau malah semakin mengganas yang dapat memicu resesi panjang.

Trader dan investor yang pengambil risiko tentu melihat kemerostan harga emas saat ini adalah sebagai peluang untuk beli. Sementara pedagang dan investor yang konservatif sepertinya akan menganalisa situasi dan melihat terlebih dahulu. Data penting minggu ini adalah CPI, Retail Sales dan Jobless Claims Amerika Serikat, serta GDP Inggris.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Vibiznews

About solid gold 2107 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*