PT SOLID GOLD BERJANGKA | SESUAI HARAPAN PASAR

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MELEMAH KEBIJAKAN THE FED SESUAI YANG DIHARAPKAN PASAR

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas turun tajam di sesi perdagangan Eropa pada hari Rabu malam (03/November). Turun hingga -1.02 % ke level 2 pekan terakhir di $ 1758.50/troy ons. Pasca laporan rilis data ekonomi Amerika Serikat yang positif. Dan antispasi para pelaku pasar terhadap kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat soal tapering.

Data ADP Employment Change naik 571,000 pada bulan Oktober, melebihi ekspektasi 400,000. Hal itu menunjukkan bahwa sektor ketenagakerjaan Amerika Serikat dan ekonomi secara keseluruhannya sudah mendapatkan momentum di awal kuartal empat.

Data ADP kerap dijadikan rujukan akan data Non Farm Payroll Amerika Serikat yang akan dirilis pekan ini. Meski tak selalu sesuai. Tetapi data ADP yang solid kali ini membangkitkan optimisme akan data NFP Amerika Serikat yang lebih baik.

Disisi lain, pada konferensi pers setelah Komite Pasar Terbuka pada hari Kamis (04/November) dini hari The Fed mengatakan bahwa. Pembelian obligasi bulanan sebelumnya $ 120 miliar akan mengurangi $ 15 miliar per bulan. Mulai November ini, dengan rencana untuk mengakhiri program pada tahun 2022.

Tetapi Powell menekankan bahwa pengurangan tidak berarti pembuat kebijakan akan menaikkan suku dalam waktu dekat. Suku bunga acuan Amerika Serikat (Federal Funds Rate) masih akan ditahan di 0,25 %.

Sementara itu, pasar kerja Amerika Serikat mungkin telah cukup membaik pada pertengahan tahun depan untuk dipertimbangkan pada “pekerjaan maksimum,”

kata Ketua Fed Jerome Powell pada hari Rabu setelah pertemuan kebijakannya. Keputusan The Fed kali ini seperti yang diharapkan. Menyetujui rencana untuk mulai mengurangi program stimulus pembelian obligasi bulan ini dan mengakhirinya pada Juni 2022.

Meski demikian, mereka menghadapi dilema karena inflasi telah melonjak ke level tertinggi dalam 30 tahun terakhir. Sehingga perlu pendekatan moneter yang lebih ketat untuk mengendalikannya.

ANALISA FUNDAMENTAL

Meski punya pengalaman buruk dengan tapering, kondisi saat ini berbeda dengan tahun 2013. Sebab ada inflasi tinggi di berbagai negara yang bisa menjaga kinerja emas. Selain itu, para analis melihat harga emas saat ini sudah menakar terjadinya tapering.

Hanya saja, masih belum diketahui seberapa agresif tapering akan dilakukan. Pasar melihat saat ini The Fed akan mengurangi QE sebesar U S$ 15 miliar setiap bulannya. Dari saat ini US $ 120 miliar per bulan.

Sehingga perlu waktu 8 bulan hingga QE menjadi nol alias selesai. Ketua Fed Jerome Powell diperkirakan akan berupaya meredam kekhawatiran pasar seputar perubahan kebijakan yang terlalu drastis. Dari moneter longgar ke moneter ketat. Meski demikian, mereka menghadapi dilema karena inflasi telah melonjak ke level tertinggi dalam 30 tahun terakhir. Sehingga perlu pendekatan moneter yang lebih ketat untuk mengendalikannya.

Emas secara tradisional dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi. Sehingga ketika inflasi tinggi, permintaannya akan meningkat.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan mayoritas pelaku pasar masih bersikap bullish untuk emas. Sekitar 15 % pemain Wall Street memperkirakan pergerakan harga emas minggu ini akan bullish. 53.8 % akan beraris, dan 30.8% lainnya netral atau sideways. Sementara 60.5 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 22.5% bearish, dan 17% lainnya netral (sideways).

Pada pengumuman kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat (The Fed). Yang akan memberikan dampak signifikan terhadap harga emas dan diperkirakan berpotensi turun dilevel $ 1745 – $ 1721/troy ons.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1802/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1815/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1778/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1766/troy ons. Dan support ke 3 berada di level $ 1755/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB JAKARTA / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2271 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*