PT SOLID GOLD BERJANGKA | STIMULUS JUMBO DARI AS

PT SOLID GOLD BERJANGKA
PT SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS BERKILAU KEMBALI BERKAT STIMULUS JUMBO DARI AMERIKA SERIKAT

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas kembali melanjutkan reli penguatan
disesi perdagangan pada hari Rabu (16/Desember) naik hingga 0.47 % atau mencapai level $ 1865.70/troy ons ditengah ekspektasi cairnya stimulus fiskal di Amerika Serikat membuat harganya kembali melesat, selain itu pelaku pasar juga menanti pengumuman kebijakan moneter oleh bank sentral Amerika Serikat (The Fed) Kamis
dini hari waktu Indonesia.

Titik terang mulai terlihat dari pembahasan stimulus fiskal di Amerika Serikat setelah Partai Demokrat dan Partai Republik merilis proposal senilai US $ 908 miliar Senin lalu. Partai Demokrat saat ini menguasai House of Representative (DPR) sementara Partai Republik menguasai Senat, hal ini yang membuat penambahan stimulus terus mengalami tarik ulur. Kabar baiknya, para ketua mayoritas dan minoritas di masing-masing “kamar” tersebut kini sudah bertemu dan sedang melakukan perundingan.

Disisi lain, pengumuman kebijakan moneter The Fed dini hari nanti akan menjadi perhatian utama. Bank sentral pimpinan Jerome Powell ini diprediksi akan memberikan proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan serta panduan kebijakan moneter yang akan diambil. Untuk saat ini, The Fed memproyeksikan suku bunga
0,25 % tidak akan dinaikkan hingga tahun 2023, dan program pembelian aset (quantitative easing/QE) akan terus dilakukan hingga selama diperlukan oleh untuk membantu perekonomian Amerika Serikat. Jika The Fed juga mengumumkan nilai QE akan ditambah, maka emas berpotensi kembali melesat.

Stimulus moneter plus stimulus fiskal merupakan “bahan bakar” utama emas menguat sepanjang pekan tahun ini. Sehingga tambahan stimulus tersebut bisa menjadi tenaga bagi emas untuk kembali menguat. Selain itu, di menjelang libur Natal dan Tahun Baru, harga emas diprediksi akan bergerak dengan volatilitas tinggi, artinya naik turun secara signifikan dalam waktu singkat. Hal tersebut bisa terjadi akibat volume perdagangan yang akan menguat.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, The Fed mempertahankan suku bunga pada level +0.00 % hingga +0.25 %, sesuai dengan perkiraan. Tingkat suku bunga ini adalah rekor terendah sejak tahun 1971. Para pejabat bank sentral mengatakan akan wait and see di tengah ketidakpastian pasca pemilihan presiden Amerika Serikat.

Bank sentral juga berencana meningkatkan pembelian surat berharga dan sekuritas berbasis mortgage dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini dilakukan guna mendukung kondisi keuangan yang akomodatif serta aliran kredit ke sektor rumah tangga dan bisnis.

Para pejabat juga memperingatkan bahwa krisis kesehatan masyarakat akibat COVID-19 sedang berlangsung dan akan membebani aktivitas ekonomi, lapangan pekerjaan, serta inflasi dalam jangka pendek. Dampak pandemi juga dikhawatirkan menimbulkan risiko terhadap prospek ekonomi dalam jangka menengah.

Maka dari itu, The Fed menegaskan komitmennya untuk mempertahankan tingkat suku bunga pada rekor terendah, hingga kondisi pasar tenaga kerja konsisten dengan lapangan pekerjaan maksimum dan tingkat inflasi naik hingga 2 %.

ANALISA TEKNIKAL EMAS

Secara teknikal, Tahun 2021 tinggal 2 pekan lagi. Secara fundamental harga emas masih berpeluang naik sampai ke 2021. Banyak analis yang memperkirakan harga emas bisa kembali ke level US $ 1.900 – US $ 2.100 tahun depan.

Bahkan menurut BMO Capital Markets, sampai tahun 2023 harga emas masih akan tetap kokoh di atas US $ 1.800/troy ons. Ratarata harga emas tahun 2021 diramal berada di US $ 1.915/troy ons.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1851/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1865/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1824/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1811/troy ons dan support 3 $ 1800/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2197 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*