PT SOLID GOLD | CONGRATS JEROME POWELL !

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – CONGRATS! JEROME POWELL MENETAP SEBAGAI KETUA THE FED HARGA EMAS TERJUN PAYUNG

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas terjun bebas diawal pembukaan sesi perdagangan pada hari Senin (22/November) turun hingga -2.23 %. Ke level terendah 2 pekan terakhir atau mendendekati level Psikologis. Dilevel $ 1801.60/troy ons sebelum tutup pada level $ 1805.20/troy ons. Aksi taking profit oleh investor masih berjalan dan ditambahkan juga terpilihnya kembali Jerome Powell. Untuk melanjutkan tugasnya memimpin bank sentral Amerika Serikat (The Fed).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden kembali menominasikan Powell sebagai ketua The Fed untuk menjabat di periode kedua. Sedangkan jabatan wakil ketua bank sentral Amerika Serikat dinominasikan untuk Lael Brainard. Yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Gubernur The Fed.

Penunjukan Powell sebagai orang nomor satu di bank sentral Amerika Serikat melemahkan harga emas. Karena pasar menilai bahwa ketua The Fed yang diangkat oleh Donald Trump tersebut bersentimen hawkish. Sedangkan Brainard, dinilai lebih dovish. Nominasi ini masih harus dikonfirmasi lagi di Senat sebelum Powell dan Brainard mulai bekerja kembali pada Februari 2022.

Di sisi lain, Dollar Amerika Serikat yang semakin menguat mempersempit langkah emas untuk naik. Meskipun emas dianggap sebagai aset yang paling aman dalam menghadapi inflasi tinggi. Tetapi kans Rate Hike The Fed yang semakin besar menjadi hambatan tersendiri. Indeks Dollar Amerika Serikat melanjutkan kenaikan ke level tinggi 16 bulan. Berkat pernyatan para pejabat Federal Reserve Amerika Serikat yang menunjukkan sinyal percepatan laju tapering stimulus.

Jumat lalu, Wakil Ketua The Fed Richard Clarida dan Gubernur Christoper Waller mengutarakan pernyataan senada. Bahwa laju pengetatan moneter yang lebih cepat akan sesuai untuk pemulihan ekonomi dan kenaikan inflasi Amerika Serikat.

Harga Emas mendapatkan dukungan dari kenaikan inflasi. Akan tetapi pasar agar khawatir tentang bagaimana The Fed mengatasi masalah itu. Jika mereka akan menaikkan upaya mereka (mempercepat laju tapering), maka emas dapat melemah dalam jangka pendek.

ANALISA FUNDAMENTAL

Hari ini, akan ada rilis data indeks Flash Manufacturing PMI. Dan Flash Services PMI Amerika Serikat versi Markit bulan November 2021 (Berdampak medium-tinggi pada USD). Untuk bulan November 2021 diperkirakan indeks Manufacturing PMI akan naik ke +59.0, dan indeks Services PMI diperkirakan naik menjadi +59.1. Hasil rilis
yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Pada hari Rabu akan keluar data-data ekonomi yang berdampak tinggi terhadap ekonomi AS. Durable Goods Orders untuk bulan Oktober akan memberikan pandangan pertama mengenai investasi di kuartal keempat. Angka inti yang mengeluarkan data pertahanan adalah angka yang paling signifikan. Dimana pada bulan September muncul sehat di 0.8% dan dibulan Oktober kemungkinan sama sehatnya.

Selain itu, Para ekonom memperkirakan update dari GDP kuartal ketiga akan menunjukkan upgrade. Dari angka lemah 2 % pertahun yang semula dilaporkan. Data yang terpenting adalah risalah pertemuan FOMC the Fed mengenai keputusan mereka pada bulan ini yang bisa menggoncang pasar.

ANALISA TEKNIKAL

Aksi ambil untung masih berjalan apabila harga emas bergerak dibawah level $1800/troy ons. Level Psikologis $ 1800 adalah support yang cukup kokoh. Sekali terlewati akan bisa turun lebeih dalam.

Sementara ke arah sebaliknya, $ 1819 bertindak sebagai resisten. Menurut Survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan mayoritas pelaku pasar masih bersikap bullish. Sekitar 47 % analis Wall Street memperkirakan harga emas minggu ini bullish. 24 % akan bearish, dan 29 % lainnya netral atau sideways.

Sementara 71 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 15 % bearish, dan 14 % lainnya netral. Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1819/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1831/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1797/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1786/troy ons. Dan support ke 3 berada di level $ 1772/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2271 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*