PT SOLID GOLD | EMAS DITENGAH SENTIMEN GLOBAL

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – EMAS TURUN TAJAM PASCA THE FED MEMANGKAS TINGKAT SUKU BUNGA SEBESAR 100 BASIS POIN DITENGAH SENTIMEN GLOBAL

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas turun tajam sebesar -4.60 % disesi perdagangan pada hari Senin malam (16/Mar). Ke level terendah sejak desember 2019 pada level $ 1451.10/troy ons. Seiring bank-bank sentral memangkas suku bunga menjadi nol dan meningkatkan upaya QE.

Federal Reserve Amerika Serikat pada hari senin memangkas tingkat bunga kuncinya 1.0 % menjadi 0 % – 0.25 %. Selain itu, The Fed juga memompa tambahan $ 700 miliar ke sistem keuangan Amerika Serikat. Dan membuka jalur “swap” dengan bank sentral utama lainnya, sebagai usaha untuk tetap menjaga likuiditas di pasar keuangan.

Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa berbagai kebijakan itu diharapkan memiliki “efek signifikan pada aktivitas ekonomi dalam jangka pendek”. Hal tersebut, membuat pasar komoditas khususnya emas terperangkap di antara permintaan akan tempat berlindung dan desakan untuk mendapatkan uang tunai. Dan menutupi kerugian di pasar lain.

Tidak hanya itu, Federal Reserve juga meluncurkan rencana koordinasi “swap” dollar. Dengan lima bank sentral lain untuk meningkatkan likuiditas dan menjaga aktivitas normal pasar keuangan. Kelima bank tersebut adalah Bank of Canada, Bank of England, Bank of Japan, European Central Bank dan Swiss National Bank.

Disisi lain, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Kongres pada akhir minggu. Setuju untuk menambah bantuan bagi bisnis dan konsumen yang terdampak negatif oleh wabah coronavirus. Diperkirakan memerlukan waktu paling sedikit dua bulan agar situasi bisa dibawah kendali.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAU USD)

Menurut analisa fundamental, Pemotongan suku bunga The Fed ke level nol pada hari Minggu kemarin. Rupanya tidak lantas menggenjot harga emas seperti di era krisis finansial sebelumnya.

Pasalnya, sekarang ini pasar saham juga amburadul akibat pandemi Corona. Para yang investor butuh dana untuk menutup kerugian atau mengalirkan likuiditas. Mau tidak mau mencairkan aset safe-haven yang mereka miliki, khususnya emas. Hal itu memicu kepanikan di pasar.

Breaking News :

Pada hari Senin, 16 Maret 2020 jam 04:00 WIB. The Fed kembali menurunkan suku bunga acuan sebesar 100 basis poin ke level 0 % hingga +0.25 %. Guna mendukung perekonomian Amerika Serikat dari ancaman krisis corona. Langkah The Fed ini mendapat pujian dari Presiden Trump.

Minggu ini, fokus pelaku pasar akan tertuju pada FOMC meeting. Investor akan mencermati kemungkinan adanya stimulus tambahan. Proyeksi ekonomi Amerika Serikat, serta pernyataan ketua The Fed Jerome Powell pada konferensi pers.

Disamping The Fed, BoJ juga akan mengadakan meeting minggu ini, yang diperkirakan turut menghasilkan pengumuman stimulus tambahan. Jika The Fed dan BoJ dianggap dovish, kemungkinan harga emas akan rebound.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Harga emas saat ini sedang menguji kembali level psikologis $ 1500 sebagai konfirmasi untuk kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika harga emas bertahan dibawah level psikologis $ 1500. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan ke level middle price tahun 2019 $ 1411/troy ons.

Fokus pelaku pasar masih pada dampak virus corona terhadap pertumbuhan ekonomi, yang menyebabkan bank-bank sentral dunia memangkas suku bunga. Meski data tenaga kerja Amerika Serikat membaik, diperkirakan tidak akan berpengaruh pada FOMC meeting tanggal 18-19 maret ini.

Menurut analisa teknikal, Minggu ini emas diperkirakan bergerak di range $ 1557 – $ 1411. Jika harga emas dapat menembus level psikologis $ 1500. Maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke level resistance 1 $ 1529 dan resistance 2 $ 1557/troy ons.

Sebaliknya, jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1466/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1445 dan support 3 berada pada level middle price 2019 $ 1411/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2107 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*