PT SOLID GOLD | EMAS PUN KEMBALI BERKILAU

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – STIMULUS JUMBO DARI AMERIKA SERIKAT PENUH DUKUNGAN HARGA EMAS PUN KEMBALI BERKILAU

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas melanjutkan reli kenaikannya dari akhir pekan lalu hingga pembukaan perdagangan pada hari Senin (08/Februari) naik hingga 0.96 % atau mencapai level $ 1839.10/troy ons seiring Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan para pembuat kebijakan di Kongres, utamanya dari Partai Demokrat, telah menyetujui garis besar anggaran bantuan COVID-19 yang diajukan Biden. Banyaknya suara yang memberikan dukungan terhadap proposal tersebut bahkan memungkinkan anggaran tetap dapat diteken walaupun tanpa persetujuan Republikan.

Lagipula, Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen menekankan bahwa apabila Kongres meloloskan paket stimulus tersebut, maka target ketenagakerjaan penuh kemungkinan besar dapat kembali diraih tahun depan. “Tak ada alasan sama sekali mengapa kita harus merasakan pemulihan ekonomi yang lambat dan panjang,” tutur Yellen sebagaimana dikutip oleh CNN.

Tai Wong selaku analis dari BMO mengatakan bahwa pernyataan Yellen tersebut berdampak baik bagi bullish emas. “Yellen membicarakan ketenagakerjaan penuh di tahun 2022, dengan $ 2 triliun dalam stimulus akan mendongkrak lonjakan inflasi, yang mana hal ini bagus bagi emas,” kata Wong. Senada dengan Wong, Jim Wyckoff dari Kitco Metals juga memberikan pandangan positif kenaikan inflasi terhadap kenaikan minat beli terhadap emas. “‘Perdagangan inflasi’ dapat menggantikan setiap dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh Dolar terhadap emas dan perak,” tulis Wyckoff.

Kenaikan harga emas malam ini juga terdukung oleh pelemahan Dollar Amerika Serikat. Indeks Dolar diperdagangkan di 90.96, tidak jauh dari level rendah setelah rilis data Ketenagakerjaan AS Jumat lalu. Secara teknikal, analis dari OANDA, Craig Erlam, menilai bahwa kenaikan harga emas hari ini kemungkinan merupakan langkah korektif dari aksi jual pekan lalu, tepatnya ketika harga turun di bawah level kunci $ 1.800. Untuk saat ini, level kunci emas berada pada Resisten $ 1,830.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS

Menurut analisa fundamental, Menteri Keuangan Amerika Serikat, Janet Yellen, menyatakan dukungannya pada paket stimulus fiskal dalam jumlah masif yang tengah digodok pemerintah. Yellen mengatakan, para pekerja Amerika yang mendapatkan penghasilan $ 60,000 per tahun semestinya menerima cek bantuan seperti yang
tertulis dalam proposal stimulus $ 1.9 triliun tersebut. “Detail persisnya tentang bagaimana itu (bantuan) akan ditargetkan memang baru akan dipertimbangkan, tetapi perjuangan keluarga kelas menengah perlu bantuan,” kata Yellen kepada CNN dalam wawancara pada hari Minggu (07/Februari) kemarin.

Gedung Putih menyatakan bahwa pihaknya membuka negosiasi tentang siapa yang layak untuk menerima cek bantuan tunai senilai $ 1,400. Namun, mereka menolak untuk memberikan spesifikasi tentang pemotongan pendapatan. “Presiden Biden tentu bersedia bekerjasama dengan para anggota Kongres untuk menentukan bagaimana (bantuan) yang adil. Ia tentu tidak ingin melihat masyarakat yang mampu mendapatkan (pemasukan) lebih dari $300,000 menerima bantuan ini,” kata Yellen tanpa menawarkan rincian lebih jauh.

Yellen menambahkan, jika Kongres menyetujui rencana $ 1.9 triliun, maka negara akan dapat kembali ke ketenagakerjaan penuh (full employment) tahun depan. Sebaliknya, jika tidak disetujui, maka masalah pengangguran akan berlangsung bertahun-tahun.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Hasil survei mingguan yang dilakukan Kitco menunjukkan para analis di Wall Street masih optimistis emas akan menguat lagi. Hasil survei tersebut menunjukkan sebanyak 64 % dari 14 analis memberikan proyeksi bullish (tren naik) bagi emas di pekan ini. Sementara 29 % melihat emas akan bearish
(tren turun), dan 7 % netral.

Selain itu, survei yang dilakukan terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street, menunjukkan sebanyak 48 % dari 1.823 partisipan memberikan outlook bullish, 31 % bearish, dan 21 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1851/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1865/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1824/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1811/troy ons dan support 3 $ 1800/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : Vibiznews

About solid gold 2155 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*