PT SOLID GOLD | EMAS SIAP MENJADI PRIMADONA

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – BERSIAP! STIMULUS AMERIKA SERIKAT DITAMBAH HARGA EMAS SIAP MENJADI PRIMADONA

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas berkilau diawal sesi perdagangan Eropa pada hari Senin (07/Desember) naik hingga 1.31 % atau mencapai level $ 1868.50/troy ons ditengah kelanjutan diskusi stimulus jumbo jilid II di AS membuat greenback semakin tertekan. Proposal bipartisan yang diusulkan saat ini sebesar US $ 908 miliar.

Selain itu, apresiasi penguatan harga emas juga di dorong oleh rencana Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden yang akan membelanjakan $ 2 triliun untuk infrastruktur diperkirakan akan mendukung harga emas dalam beberapa bulan mendatang karena ekonomi terbesar dunia itu bergerak menuju kebijakan yang lebih hijau dan berdampak positif terhadap emas.

Sementara paket belanja infrastruktur diperdebatkan dan dilaksanakan, kebijakan Biden juga diharapkan dapat memacu sektor swasta untuk mempercepat rencana pengurangan emisi karbon. “Orang-orang mengatakan ini adalah replay dari supercycle ketika China memulai pembangunan infrastrukturnya dari tahun 2000. Ini bisa menjadi pengulangan dengan revolusi hijau di UE dan rencana hijau Biden di Amerika Serikat,” kata konsultan independen Robin Bhar. Ada kesepakatan luas bahwa infrastruktur Amerika Serikat telah diabaikan, dengan pengeluaran publik turun sekitar $ 10 miliar dalam dekade hingga 2017, Brookings Institution, sebuah thinktank yang berbasis di Washington, mengatakan. Itu membuka jalan bagi kompromi potensial bahkan jika Kongres terpecah antara Demokrat Biden dan Republik, kata para analis.

Rencana Biden sangat luas dan sebagian besar akan menunggu persetujuan Kongres, tetapi ada beberapa perintah eksekutif yang dapat dia implementasikan dengan cepat, seperti bergabung kembali dengan kesepakatan perubahan iklim Paris 2015. “Stimulus hijau yang diusulkan Biden sebesar $ 2 triliun tidak diragukan lagi akan positif untuk permintaan emas… (tetapi) hasil pemilihan berarti pandangan kasus dasar kami adalah bahwa Biden harus mengendalikan ambisinya untuk belanja hijau,” kata Jumana Saleheen, kepala ekonom di konsultan CRU.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS

Menurut analisa fundamental, fundamental, Ketua House of Representatives (salah satu dari dua kamar yang membentuk kongres) Nancy Pelosi mengatakan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan mengkaji proposal yang diajukan kubu Partai Demokrat. Salah satunya adalah pemberian vaksin anti-virus corona harus gratis dan bisa
dinikmati oleh siapa saja.

Pelosi dan Pemimpin Partai Minoritas di Senat, Chuck Schumer mendukung paket stimulus fiskal senilai US $ 908 miliar. Ini siap digolkan oleh kedua partai politik mayoritas di Amerika Serikat untuk menyokong bisnis kecil dan pengangguran di Amerika Serikat. Keputusan stimulus harus cepat, karena tenggat waktu pengesahan anggaran tahun fiskal 2021 adalah 11 Desember 2020.

Selain itu, bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) yang akan mengumumkan kebijakan moneter pada Kamis 17 Desember dini hari WIB. Ada peluang The Fed akan menambah stimulus moneternya dengan meningkatkan nilai pembelian aset (quantitative easing/QE). Saat stimulus fiskal atau moneter tersebut cair, maka jumlah uang yang beredar tentunya akan semakin banyak, secara teori Indeks dollar Amerika Serikat (DXY) akan melemah.

ANALISA TEKNIKAL EMAS

Secara teknikal, Para analis di Wall Street kini kembali memberikan proyeksi bullish untuk emas dunia di pekan ini. Hal tersebut terlihat dari survei mingguan yang dilakukan Kitco. Dari 14 analis di Wall Street yang disurvei, sebanyak 10 orang atau 71 % memberikan proyeksi bullish, sementara 3 analis atau 21 % memberikan outlook bearish dan 1 orang netral. Sentimen tersebut berbalik drastis, sebab pada pekan lalu mayoritas para analis memberikan proyeksi bearish.

Sementara survei yang dilakukan terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street, dengan 1.147 partisipan menunjukkan 65 % diantaranya bullish, 20 % bearish dan 15 % netral. Stimulus fiskal di Amerika Serikat akan menjadi kunci penguatan harga emas di pekan ini.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1851/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1865/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1824/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1811/troy ons dan support 3 $ 1800/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2200 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*