PT SOLID GOLD | TERTINGGI 3 BULAN TERAKHIR

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS BERHASIL MEMECAHKAN REKOR TERTINGGI 3 BULAN TERAKHIR

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas naik hingga 1.25 % diawal sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (17/Mei). Mencapai ketinggian tiga bulan terakhir di level $ 1868.50/troy ons. Apresiasi penguatan harga emas dipicu oleh pelemahan yield obligasi US Treasury dan kekhawatiran terhadap kenaikan inflasi Amerika Serikat.

Reli pasar ekuitas terhenti karena dorongan naik inflasi Amerika Serikat, memacetkan permintaan atas aset-aset risiko tinggi. Sebagai informasi, data Inflasi Konsumen Amerika Serikat yang dirlis pekan lalu. Menunjukkan bahwa pada bulan April, kenaikan inflasi jauh melebihi ekspektasi. Akibatnya, yield obligasi US Treasury melemah sehingga mengurangi Opportunity Cost emas yang juga dipandang sebagai aset aman saat inflasi meningkat.

Pekan ini para investor juga akan menantikan rilis notulen Rapat FOMC. Guna mendapatkan petunjuk lebih banyak mengenai kebijakan moneter dan inflasi Amerika Serikat. Namun demikian, The Fed kemungkinan masih akan mempertahankan wacana untuk tetap mengimplementasikan kebijakan moneter longgarnya walaupun inflasi naik. The Fed akan terus berpegang pada anggapan bahwa kenaikan inflasi lebih berkaitan dengan normalisasi ekonomi daripada inflasi riil.

Adapun faktor tambahan lain yang mendukung kenaikan permintaan emas hari ini. Adalah kekhawatiran akan penyebaran virus COVID-19 babak baru di kawasan Asia. Singapura dan Taiwan kembali menerapkan kebijakan lockdown menyusul kenaikan kasus infeksi virus Corona di sana.

Singapura akan kembali menutup sekolah-sekolah, sedangkan Taiwan kembali mengetatkan aturan
mengenai kerumunan. Imbal hasil obligasi jatuh dan di sisi lain, tampaknya ada kekhawatiran tentang kenaikan infeksi virus di Singapura, Taiwan, dan pasar Asia-Pasifik yang lebih luas. Sehingga meningkatkan permintaan untuk keamanan (aset).

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, Data penting dari Amerika Serikat minggu ini. Adalah notulen meeting FOMC, dan Flash Manufacturing PMI untuk bulan Mei.

Diskusi yang berkembang di pasar saat ini adalah. Apakah tekanan inflasi akan meningkat ke level yang menciptakan tekanan terhadap ekonomi disepanjang jalan. Federal Reserve Amerika Serikat sampai sekarang masih berpendapat bahwa kenaikan inflasi pada saat ini hanya bersifat transitory.

Namun, para ekonom dan analis pasar mengatakan. Bahwa inflasi akan menjadi problem pada bulan – bulan yang akan datang. Dan menunjuk kepada bukti kuat yang telah terjadi di pasar, termasuk kenaikan harga-harga komoditi.

Disisi lain, naiknya inflasi di tingkat konsumen tersebut memicu spekulasi kemungkinan kenaikan suku bunga The Fed dalam tahun ini. Namun kemungkinan itu dibantah oleh pejabat The Fed yang mengatakan bahwa bank sentral AS belum akan merubah kebijakannya dalam waktu dekat. Ditengah lemahnya pertumbuhan lapangan pekerjaan dan naiknya tingkat pengangguran.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan mayoritas pemain pasar memprediksi minggu ini harga emas masih bullish. 77 % pemain Wall Street memperkirakan bullish, 15 % memperkirakan netral atau sideways, dan hanya 8 % yang memperkirakan bearish.

Sementara 71 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 17 % bearish, dan 11 % netral.

Disisi lain, untuk saat ini harga emas sudah di atas rata-rata MA 50, 100 dan 200 hariannya. Selain itu harga rata-rata periode 50 hariannya (MA50) juga semakin mendekati rata-rata harga MA100. Tinggal tunggu waktu saja secara teknikal untuk emas bisa melanjutkan tren bullish ini.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1874/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1888/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1847/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1834/troy ons dan support 3 $ 1817/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2233 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*