PT SOLID GOLD | MENGUAT JELANG LAPORAN RILIS DATA

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MENGUAT JELANG LAPORAN RILIS DATA KETENAGAKERJAAN AMERIKA SERIKAT

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas melanjutkan reli penguatan diawal sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (04/Oktober) naik hingga 0.49 % atau mencapai level $ 1770.45/troy ons sering Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) melanjutkan penurunan di akhir pekan lalu.

Dollar Amerika Serikat turun 0.3 % ke 93.77 menuju level rendah sejak November 2020. Para investor defensif menjelang rilis data Ketenagakerjaan Amerika Serikat pada Jumat pekan ini. Data NFP Amerika Serikat diekspektasikan akan menunjukkan peningkatan dalam pasar tenaga kerja. Polling Reuters memperkirakan, akan ada 488,000 pekerjaan yang ditambahkan di bulan September.

Data Ketenagakerjaan Amerika Serikat merupakan salah satu data yang paling berpengaruh bagi bank sentral Amerika Serikat dalam menentukan kebijakan. The Fed telah memberi sinyal untuk mulai mengurangi pembelian obligasi bulanan secepatnya pada November mendatang. Namun, pasar khawatir jika data ketenagakerjaan AS mengecewakan, maka rencana tersebut bakal ditunda.

Disisi lain, pada pekan yang berakhir 25 September 2021, klaim tunjangan pengangguran bertambah 11.000 dari minggu sebelumnya menjadi 362.000. Tidak sesuai dengan ekspektasi pasar, di mana konsensus pasar yang dihimpun Reuters memperkirakan jumlahnya turun menjadi 335.000. Data ini menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja sepertinya belum pulih betul dari dampak pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19).

Sepanjang jalan menuju penciptaan lapangan kerja maksimal (maximum unemployment) belum terlihat, maka bank sentral Amerika Serikat (The Fed) mungkin saja tetap mempertahankan kebijakan moneter akomodatif.

ANALISA FUNDAMENTAL

Minggu ini, Di Amerika Serikat, kepala the Fed Powell mengatakan bahwa segala sesuatu sudah mencapai target kecuali employment. Angka Nonfarm Payrolls untuk bulan September yang mengecewakan bisa mengubah gambaran yang ada sekarang ini.

Setelah kenaikan pekerjaan yang mengecewakan sebanyak 235k pada bulan Agustus, kemungkinan akan terjadi kenaikan yang lebih signifikan pada bulan September. Penghasilan ratarata perjam juga mendapatkan perhatian, karena mengandung tekanan inflasi.

Setelah upah naik 4.3 % pada bulan lalu, saat ini kemungkinan turun. Jika NFP umum mengecewakan namun gaji naik, hal ini kemungkinan bisa cukup untuk membuat the Fed tidak jadi melakukan tapering pada saat ini.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sekitar 50 % analis Wall Street memperkirakan pergerakan harga emas minggu ini akan bullish, 29 % lainnya memperkirakan bearish, dan hanya 21 % yang memperkirakan netral atau sideways. Sementara 48 % analis Main Street memperkirakan bullish, 38% bearish, dan 13 % lainnya netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1763/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1773/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1745/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1736/troy ons. Dan support ke 3 berada di level $1724/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2254 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*