PT SOLID GOLD | FUNDAMENTAL YANG CUKUP KOKOH

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA KEMBALI BERKILAU DITENGAH FUNDAMENTAL YANG CUKUP KOKOH

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas mencatat penguatan diawal sesi permbukaan perdagangan bulan Mei 2021 tepatnya pada hari Senin (03/Mei) naik hingga 1.23 % atau mencapai level tertinggi 2 pekan terakhir di level $ 1797.90/troy ons pasca laporan rilis data aktivitas manufaktur Amerika Serikat versi ISM jatuh ke 60.7 pada bulan April, dari 64.7 pada bulan Maret. Hasil tersebut jelas mematahkan ekspektasi kenaikan ke 65.0. Indeks Dollar Amerika Serikat tergelincir nyaris setengah persen ke kisaran 90.8 pasca laporan tersebut, sehingga
menjadi energi bagi bullish emas.

Yield obligasi 10-tahunan Amerika Serikat pun turut merespon rilis tersebut dengan penurunan 4 basis poin ke 1.589 %. Sejak Jumat pekan lalu, yield obligasi Amerika Serikat memang telah menunjukkan kemunduran. Khususnya, setelah data Consumer Spending Amerika Serikat dilaporkan melonjak sehingga meningkatkan peluang kenaikan inflasi. Dalam kondisi inflasi yang tinggi, emas cenderung lebih diminati sebagai aset inflasi daripada yield.

Menurut Michael Matousek dari U.S. Global Investors, data ekonomi Amerika Serikat yang solid dapat menambah kenaikan harga emas. Secara teknikal, Matousek mengatakan bahwa jika emas berhasil menembus ke atas level $ 1,800 dan berlanjut naik sedikit saja, maka peluang harga emas untuk mencapai $ 2,000 akan semakin terbuka.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menteri Keuangan Amerika Serikat, Janet Yellen, menyampaikan bahwa anggaran infrastruktur,
tenaga kerja, dan rumah tangga yang direncanakan pemerintahan Biden tidak akan menyebabkan lonjakan inflasi karena dilakukan secara bertahap selama satu dekade ke depan.

Pernyataan terbaru Yellen meredam kekhawatiran pelaku pasar yang sebelumnya berspekulasi jika rencana Biden akan meningkatkan inflasi secara signifikan.

Untuk minggu ini fokus pasar akan tertuju pada data ketenagakerjaan Amerika Serikat untuk bulan April, yaitu Non Farm Payrolls (NFP), tingkat pengangguran dan upah rata-rata per jam. NFP diperkirakan naik menjadi 975,000 job, sementara tingkat pengangguran diperkirakan turun menjadi 5.7 %.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Hasil survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan mayoritas pemain pasar memprediksi minggu ini harga emas masih akan bullish. 53 % pemain Wall Street memperkirakan bullish dan 47 % lainnya memperkirakan netral atau sideways. Sementara 54 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 26% bearish, dan 20 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1800/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1817/troy ons.
Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1760/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1745/troy ons dan support 3 $ 1731/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Riwandi Gea

About solid gold 2219 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*