PT SOLID GOLD | KENAIKAN KE LEVEL PSIKOLOGIS $ 1700

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MENJADI PRIMADONA DI TAHUN 2020 DENGAN MENGINCAR KENAIKAN KE LEVEL PSIKOLOGIS $ 1700

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas mengawali sesi pembukaan perdagangan dengan open GAP. Dari harga close perdagangan jumat lalu (21/02) di level $ 1643.25 ke level $ 1651.65/troy ons. Dan melanjutkan kenaikan disepanjang perdagangan awal pekan senin (24/02) sebesar 1.9 %. Mendekali level tertinggi 7 tahun terakhir 2013 yaitu di level $ 1689.30/troy ons.

Kenaikan harga emas yang luar biasa dipicu oleh kekhawatiran investor akan terjadinya resesi global. Akibat wabah virus corona yang telah menyebar ke berbagai negara. Potensi resesi diperkirakan terjadi di China, Jepang, Zona Euro, Singapura, dan Korea Selatan yang merupakan negara-negara industri penyumbang
utama angka pertumbuhan ekonomi global.

Akibat kekhawatiran tersebut, pelaku pasar menyerbu aset safe haven terutama emas dan US Dollar. Tidak seperti biasanya, kondisi panik buying aset safe haven meyebabkan Indeks USD dan emas bullish secara bersamaan. Selain itu, kenaikan Indeks USD yang nyaris menyentuh 100.00 juga didukung oleh notulen FOMC bersentimen hawkish.

Reaksi dari The Fed juga telah menciptakan lingkungan yang mendukung kenaikan harga emas. The Fed memberikan indikasi bahwa mereka lebih dekat kepada memangkas tingkat bunga daripada menaikkannya.

Pada hari Jumat, Gubernur Federal Reserve Lael Brainard memberikan pernyataan akan kebutuhan dari bank sentral Amerika Serikat. Untuk bereaksi secara agresif dihadapan setiap pembalikan ekonomi dengan menggunakan cara-cara baru. Kondisi yang ada sekarang sepertinya memberitahukan kepada the Fed. Bahwa mereka perlu memangkas tingkat bunga sekali lagi jika target inflasi hendak dicapai.

Minggu ini, fokus investor masih pada perkembangan virus corona. Beberapa data penting dari Amerika Serikat yang akan rilis minggu ini. Antara lain adalah Preliminary GDP kuartal keempat 2019, indeks kepercayaan konsumen. Versi CB, Durable Goods Orders, dan Core PCE Price Index.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAU USD)

Menurut analisa fundamental, Target pergerakan harga emas berikutnya adalah mencapai $ 1,700. Goldman Sachs merilis laporan pada hari Kamis minggu lalu. Memperingati para investor bahwa koreksi sebesar 10 % di saham kelihatannya semakin bisa terjadi. Kalau ini benar-benar terjadi, ini adalah pergerakan turun yang besar bagi saham dan emas akan bisa semakin naik.

Sementara itu, dari data makro ekonomi Amerika Serikat, data yang keluar terus memberikan signal. Bahwa ekonomi lokal negara itu adalah yang paling dapat bertahan. Faktor yang menyebabkan kenaikan dari “greenback” selain karena ketakutan akan virus corona. Dan optimisnya the Fed akan perekonomian Amerika Serikat, adalah daftar yang panjang dari angka makro ekonomi Amerika Serikat yang bagus. Seperti Building Permits, Housing Starts, Producer Prices, dan Philly Fed Manufacturing Index yang mengesankan.

Harga produsen naik lebih dari pada yang diperkirakan pada bulan Januari, sementara indeks manufaktur regional membumbung tinggi. Angka employment gagal memberikan kesan namun tetap berada pada level yang sehat.

Meskipun dollar Amerika Serikat telah menjadi mata uang yang paling kuat secara luas. Namun tidak bisa menahan kenaikan dari emas, menunjukkan akan ketakutan pasar yang luar biasa.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas kembali mengalami kenaikan di level tertinggi 7 tahun terakhir 2013. Yaitu di level $ 1689.30/troy ons. Setelah mengalami koreksi selama 1 minggu di range $ 1558 – $ 1558/troy ons. Harga emas naik dan bergerak diatas level psikologis $ 1600.  Disebabkan oleh wabah virus corona yang mengakibatkan memperlambatan pertumbukan ekonomi global (Dunia).

Untuk sepekan ke depan resistance 1 berada di level $ 1683/troy ons jika, harga emas dapat menembus resitance tersebut. Maka dapat melanjutkan kenaikan ke resistance 2 di level $ 1697/troy ons atau level tertinggi tahun 2013. Untuk perubahan trend pergerakan harga emas (bearish) berada pada level $ 1655/troy ons. Jika harga emas dapat menembus kembali support tersebut. Kemungkinan besar dapat harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 yaitu di level psikologis $ 1642. Dan jika harga emas bergerak di bawah level psikologis $ 1600. Maka, harga emas kemungkinan akan mengalami penurunan kembali ke support terkuat yaitu di level $ 1585.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2018 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*