PT SOLID GOLD | KETEGANGAN ATAS HONG KONG

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MENGUAT DITENGAH KERUSUHAN DI AMERIKA SERIKAT DAN KETEGANGAN ATAS HONG KONG

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas melanjutkan penguatan disesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (01/June) naik hingga 0.63 % mencapai level $ 1744.60/troy ons ditengah kerusuhan di Amerika Serikat yang mengguncang para investor dari memburuknya hubungan Amerika Serikat – Tiongkok, memicu kekhawatiran terbaru akan penurunan ekonomi dan mendorong investor untuk mencari aset safe haven emas.

Kerusuhan yang terjadi di Amerika Serikat. George Floyd seorang warga kulit hitam yang tewas usai lehernya ditekan dengan lutut oleh polisi Derek Chauvin memicu demonstrasi di berbagai negara bagian Amerika Serikat, hingga akhirnya berujung kerusuhan.

Akibatnya lima negara bagian Texas, Ariozona, Georgia, Missouri dan Minnesota menyatakan status darurat. Sementara itu, 40 kota menerapkan kebijakan jam malam. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bersama ibu negara Melania Trump serta putra mereka, Barron dikabarkan sempat dibawa ke bungker selama beberapa saat akibat aksi demo yang mengepung Gedung Putih.

Hingga saat ini demonstrasi dan kerusuhan sudah terjadi selama 6 hari di Amerika Serikat. Akibat kerusuhan tersebut, Pentagon mengirimkan 5.000 pasukan Garda Nasional, tentara cadangan Amerika Serikat. Tentara diaktifkan di 15 negara bagian dan Washington DC untuk mengamankan situasi bersama polisi. Nilai tukar Dollar Amerika Serikat merosot akibat kerusuhan tersebut, yang memberikan keuntungan bagi pergerakan harga emas sehingga kembali menguat.

Disisi lain, setelah sepekan terakhir Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga nampak semakin agresif dengan imporpersetujuan dan perjanjian, untuk membatalkan pendaftaran undang-undang, Hong Kong yang akan mencabut status istimewa Hong Kong.

Status pencabutan istimewa dipandang perlu oleh pemerintah pusat Tiongkok setelah aksi massa yang telah merusak infrastruktur dan dianggap telah melakukan aksi separatis di Hong Kong, sehingga mengambil langkah semua hukum yang berlaku di daerah kedaulatan Tiongkok yang sama, termasuk di Hong Kong, yang sebelumnya memiliki status adminsitrasi khusus, sejak diterbitkan oleh Inggris pada bulan Juli 1997.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Harga emas pekan ini berpotensi menguat dalam jangka pendek seiring kembali meningkatnya ketegangan isu geopolitik Antara Amerika Serikat dengan China dalam rencana UU kemaaman di Hong Kong yang diterapkan China.

Memanasnya hubungan Amerika Serikat – Tiongkok meningkatkan kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya babak baru perang dagang jilid dua dan cenderung memberikan gejolak di pasar saham dunia. Ketika geopolitik terjadi maka aset aman (safe haven) menjadi pilihan, sehingga investor cenderung menghindari aset berisiko (risk aversion) sementara waktu.

Selain itu, Sentimen positif harga emas juga didukung oleh rencana stimulus besar-besaran dari pemerintah Jepang dan Komisi Eropa, dan kemungkinan pelonggaran moneter lebih lanjut oleh beberapa bank sentral di seluruh dunia guna memerangi Covid-19.

Langkah-langkah stimulus besar-besaran cenderung mendukung harga emas, yang sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang. Emas adalah investasi yang menarik selama periode ketidakpastian politik dan ekonomi.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas masih berada dalam up trend (bullish) dari pertengahan bulan maret 2020 hingga saat ini. Harga emas masih dapat melanjutkan penguatan dalam jangka panjang dan dapat berpotensi menguat mencapai level tertinggi pada tahun 2012 di level $ 1795.90/troy ons bahkan bisa lebih tinggi lagi.

Minggu ini, fokus para investor tertuju pada data penting yang berdampak tinggi terhadap pergerakan pasar pekan ini yaitu tentang rilis data ISM Manufacturing PMI, ADP Non-Farm Employment Change, ISM Non-Manufacturing PMI, dan Non-Farm Employment Change.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1775 – $ 1718/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1756/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1775/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1718/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1700/troy ons dan support 3 $ 1686/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2058 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*