PT SOLID GOLD | LEVEL PSIKOLOGIS $ 2.000/toZ

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – DOLLAR AMERIKA SERIKAT TERTEKAN, HARGA EMAS KEMBALI BERKILAU MENDEKATI LEVEL PSIKOLOGIS $ 2.000/toZ

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas mengawali sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (17/Agustus) dengan kenaikan yang cukup tajam hingga 1.89 % atau mencapai level $ 1.990.70/troy ons seiring melemahnya Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) sebesar -0.15 % dibawah level 93. Situasi ini tercipta akibat pesimisme terhadap prospek pemulihan ekonomi Amerika Serikat di tengah pandemi lantaran absensi stimulus fiskal tambahan.

Selain itu, pelaku pasar mencemaskan konflik Amerika Serikat – China, rilis notulen The Fed, dan konvensi calon presiden partai Demokrat dalam waktu dekat. Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat diperkirakan tidak akan memberikan kejutan besar. Duet Joe Biden-Kamala Harris sudah hampir pasti bakal maju dalam pemilu
presiden Amerika Serikat 2020 lawan Donald Trump – Mike Pence. Biden pada hari Kamis akan diperhatikan, apakah memuat pesan yang dianggap anti-pasar, pro-pasar, atau memengaruhi elektabilitas kandidat.

Sementara, pada hari Sabtu, Amerika Serikat dan China memutuskan untuk menunda review kesepakatan dagang fase pertama hingga waktu yang belum ditentukan. Narasumber anonim yang dikutip Reuters mengatakan adanya masalah penjadwalan dalam menentukan waktu yang tepat untuk mengadakan pertemuan tersebut. Hal ini,
memicu kekhawatiran sehingg menjadi sorotan pasar.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump belum melunakkan tekanannya terhadap perusahaan-perusahaan teknologi China. Hanya beberapa hari setelah mengancam TikTok dan WeChat, Ia mengatakan tengah mempertimbangkan pemblokiran terhadap raksasa e-commerce Alibaba. Isu terkait akan menjadi perhatian pelaku pasar dalam sepekan ke depan, di samping event-event penting dari pemilu Amerika Serikat dan The Fed.

Pekan ini, perhatian pasar masih akan tertuju pada kelanjutan pembahasan stimulus di Kongres Amerika Serikat yang minggu lalu kembali macet. Disamping itu, ada juga pertemuan mengenai tinjauan kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan China. Data penting minggu ini adalah notulen FOMC untuk pertemuan yang dihelat pada tanggal 29-30 Juli lalu.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Ada beberapa sentimen yang mendorong mengapa investor berbondong-bondong ke mengoleksi emas dan apa yang mendorong pergerakan drastis harganya. Emas lazim menjadi tempat investasi aman dan favorit bagi investor, ketika pasar obligasi hanya menawarkan tingkat pengembalian atau yield yang flat dan justru negatif, sementara pasar saham juga masih bergejolak. Kondisi ini terjadi saat pandemi Covid-19 dan memicu harga emas dunia mencapai level tertingginya.

Pertama, suntikan stimulus ke dalam perekonomian oleh bank sentral di seluruh dunia, sebagai bagian dari upaya membendung dampak krisis akibat pandemi virus corona. Hal ini juga mengakibatkan imbal hasil riil (real yield) obligasi atau surat utang sejumlah negara mengarah ke yield negative.

Real yield adalah yield dari obligasi setelah dikurangi inflasi, dan ini menjadi sentimen pendorong kedua. Keadaan ini menunjukkan “peluang” berinvestasi pada aset-aset yang tidak menawarkan tingkat pengembalian baik selain emas.

Ketiga, melemahnya dollar Amerika Serikat selama beberapa pekan terakhir terhadap mata uang utama lainnya. Kondisi ini juga telah mendorong harga logam mulia. Hal ini karena komoditas biasanya diperdagangkan dalam dollar Amerika Serikat, dan dollar yang lebih lemah seringkali diterjemahkan akan berimbas pada harga
komoditas yang lebih tinggi.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Pergerakan emas dengan menggunakan periode harian, saat ini emas berada di area resistance yang menunjukkan pergerakan selanjutnya cenderung masih naik lebih lanjut untuk jangka menengah hingga jangka panjang.

Survei yang dilakukan Kitco.com menunjukkan bahwa sekitar 61.5 % pemain Wall Street memperkirakan minggu ini harga emas masih akan bullish, 15.4 % lainnya bearish, dan 23.1 % netral atau sideways. Sementara itu, 59.8 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 21.9% bearish, dan 18.3% netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 2009/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 2032/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1964/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1942/troy ons dan support 3 $ 1927/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2085 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*