PT SOLID GOLD | MELEMAH JELANG MEETING FOMC

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MEMANGKAS PELEMAHAN JELANG MEETING FOMC

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas memangkas pelemahan diawal pembukaan sesi perdagangan pada hari Senin (20/September). Naik sebesar 0.53 % atau mencapai level $ 1767.05/troy ons. Sering posisi Dolar Amerika Serikat terpantau stabil di area konsolidasi yang sudah terbentuk dalam beberapa hari terakhir.

Diawal pekan ini pasar global diwarnai oleh antisipasi investor terhadap pernyataan The Fed pada pengumuman kebijakan moneter. The Fed diekspektasikan untuk mengkonfirmasi dasar-dasar penerapan program tapering pada pertemuan FOMC pertengahan pekan ini.

Antisipasi investor jelang pengumuman The Fed tampak dari pergerakan imbal hasil obligasi Amerika Serikat 10-tahunan. Yang kini bergerak mendatar setelah menyentuh level tertinggi 2 bulan baru-baru ini. Kurva imbal hasil yang lebih datar mengindikasikan beberapa kekhawatiran bahwa. The Fed berpotensi untuk menunda taperingnya tahun ini seiring data ketenaga kerjaan yang masih belum membaik. Dan ditambahkan juga data inflasi Amerika Serikat yang stabil.

Hal ini mengacu pada pernyataan ketua The Fed Jerome Powell yang menegaskan. Bahwa program pengurangan pembelian asset baru akan dimulai setelah data ketenagakerjaan menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Selain itu, Data inflasi Amerika Serikat yang rendah dapat memaksa The Fed menunda tapering stimulus. Dan menjaga suku bunga tetap di level rendah sampai ada sinyal kenaikan inflasi lebih lanjut. Suku bunga yang rendah membuat biaya kepemilikan emas cukup murah, sehingga minat belinya sangat berpotensi untuk mengalami meningkat.

ANALISA FUNDAMENTAL

Fokus pasar pada minggu ini ada pada pernyataan dari the Fed pada hari Kamis dini-hari. Dengan pasar akan menaruh perhatian penuh kepada waktu dilakukannya tapering, dan kabar mengenai dihentikannya pembelian obligasi.

Selanjutnya bank sentral Amerika Serikat akan menaruh perhatian seksama terhadap inflasi Amerika Serikat. Dan data employment ketika mengupdate pasar mengenai rencana “tapering” yang akan datang.

Jika the Fed tidak melakukan apa-apa pada hari Rabu waktu Amerika Serikat atau Kamis dini hari waktu Indonesia. Namun memberikan pertanda bahwa suatu rencana telah dibuat dan akan melakukan sesuatu pada bulan Desember. Hal ini akan sedikit lebih baik bagi emas. Sementara itu, PMI pendahuluan dari Markit untuk bulan September juga menarik perhatian.

ANALISA TEKNIKAL

Minggu ini, Survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sekitar 47 % pemain Wall Street memperkirakan pergerakan harga emas minggu ini akan bearish. 47 % lainnya netral atau sideways, dan hanya 7 % yang memperkirakan bullish.

Sementara 45 % pemain Main Street memperkirakan bullish. 39 % bearish, dan 16 % lainnya netral. Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1763/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1773/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1745/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1736/troy ons. Dan support ke 3 berada di level $ 1724/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2254 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*