PT SOLID GOLD | MEMICU TERJADINYA INFLASI

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – BERSIAP! HARGA EMAS DAPAT MELESAT KEMBALI, PAKET STIMULUS KEMBALI DISEPAKATI YANG MEMICU TERJADINYA INFLASI

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas terkoreksi diawal sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (10/Agustus) turun hingga 0.70% di level $ 2019.30/troy ons dari penutupan perdagangan pekan lalu seiring terjadinya aksi ambil untung oleh para investor, Sehingga mengakibatkan harga emas terkoreksi turun dari ketinggian hariannya dimana hal ini normal dan koreksi turun ini sehat di tengah tren naik yang masih tetap kuat.

Disisi lain, harga emas koreksi juga disebabkan oleh respon pasar terhadap langkah sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengucurkan stimulus melalui perintah eksekutif. Langkah sepihak Trump melanjutkan distribusi tunjangan pengangguran yang telah habis masa berlakunya, menunda pembayaran pinjaman kuliah ke tahun 2020, memperpanjang moratorium penyitaan kredit property dan menyediakan libur pajak penghasilan (Pph).

Namun demikian, tunjangan pengangguran akan dilanjutkan meski dengan besaran lebih kecil, yakni senilai US $ 400 per minggu, atau lebih kecil dari nilai sebelumnya sebesar US$ 600 per pekan. Manuver politik Trump diambil setelah politisi kedua kubu partai di Kongres gagal mencapai kesepakatan soal paket stimulus pekan lalu. Beberapa tunjangan yang diteken dalam paket sebelumnya berakhir pada Juli, memicu ketakpastian seputar prospek ekonomi Amerika Serikat ke depan.

Akan tetapi, langkah tersebut mengundang problem secara hukum, karena aksi Trump berkonsekuensi pada mengucurnya belanja federal, yang dikontrol Kongres. Partai Demokrat ngotot tak mendukung paket stimulus jika nilai tunjangannya di bawah $ 600 per pekan.

Kala adanya stimulus moneter, harga emas sudah pasti menjadi salah satu investasi favorit, sudah jelas karena menyandang status aset aman (safe haven). Dengan status tersebut, ekonomi secara perlahan masuk ke jurang resesi yang sudah terjadi di banyak negara termasuk Amerika Serikat. Hal ini, menjadi berkah bagi harga emas, harga emas dunia mencetak rekor tertinggi sepanjang masa $ 2.072,60/troy ons Jumat lalu. Emas seakan menjadi “bungker” yang melindungi kekayaan dari penurunan nilai akibat kemerosotan ekonomi.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Para investor saat ini memantau pemburukan hubungan antara Amerika Serikat dan China. Hari ini, Beijing mengumumkan sanksi terhadap 11 warga negara Amerika Serikat, termasuk senator Ted Cruz dan Marco Rubio. Langkah ini membalas keputusan Washington memberikan sanksi terhadap 11 pejabat Hong Kong dan China dengan tuduhan “membatasi kemerdekaan politik di Hong Kong”.

Kalender ekonomi pada hari Rabu adalah CPI inti yang diperkirakan tetap menunggu 1 % jauh target Federal Reserve sebanyak 2 % dibawah. Klaim pengangguran setiap minggu pada hari Kamis akan juga diperhatikan oleh investo, melihat apakah angka minggu lalu yang bagus adalah permulaan pemulihan atau hanya angka satu kali aja.

Hari Jumat akan ada data penjualan ritel untuk bulan Juli yang diperkirakan akan melambat pemulihannya dan bahkan mungkin berbalik turun.

Selanjutnya Indeks Sentimen Konsumen pendahuluan University of Michigan untuk bulan Agustus yang akan diperhatikan untuk melihat apakah penurunan Covid – 19 sudah menggerakkan konsumsi atau belum?

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Dari survey yang dilakukan Kitco.com, sekitar 41 % pemain Wall Street memperkirakan minggu ini harga emas masih akan bullish, 41 % lainnya bearish, dan 18 % netral atau sideways.

Sementara 69 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 18% bearish, dan 13% netral. Menurut para analis dan pelaku harga emas masih bullish dalama jangka panjang. Koreksi yang terjadi hari ini merupakan hal yang wajar. Setidaknya dalam waktu dekat, harga emas diramal masih bisa melesat ke level psikologis $ 2.100/troy ons.

Setelah itu ada level $ 2.200 dan $ 2.400 yang menanti. Penurunan harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $ 2,009 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $ 1.997 dan kemudian $ 1.973. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $ 2,033.85 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $ 2,045.79 dan kemudian $ 2,163.68.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*